Menikah di Tengah Pandemi, Pengantin di Bantul Jadikan APD Sebagai Mahar

- Sabtu, 9 Mei 2020 | 16:15 WIB
Pernikahan unik bertajuk Nikah Bareng Peduli COVID-19 dengan mahar Alat Pelindung Diri di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY (ANTARA/Hery Sidik)
Pernikahan unik bertajuk Nikah Bareng Peduli COVID-19 dengan mahar Alat Pelindung Diri di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY (ANTARA/Hery Sidik)

Dua pasangan pengantin di Bantul, Yogyakarta melangsungkan pernikahan unik bertajuk Nikah Bareng Peduli COVID-19, dengan mahar masing-masing seperangkat alat salat, Al-Quran dan baju APD.

Pengantin tersebut adalah Novi Rahmawati Ningsih (23) dengan Tunggul Pujangkoro (25) dan Atik Tri Ujianti (56) dengan Lupadi (51).

"Unik karena selain tempat nikah yang tidak biasa, juga mas kawin atau mahar berupa seperangkat alat shalat, Al-Quran dan baju APD (alat pelindung diri) dibayar tunai," ujar Ketua Panitia Golek Garwo dan Nikah Bareng Nasional, Ryan Budi Nuryanto, Sabtu (9/5/2020).

Nikah Bareng Peduli COVID-19 ini diadakan pada Jumat (8/5/2020). Langkah ini untuk mendukung program pemerintah terhadap penanggulangan wabah virus corona, sekaligus membantu masyarakat tidak mampu untuk menikah.

Nikah Bareng yang difasilitasi oleh Forum Taaruf Indonesia (Fortais) Sewon Bantul dan pemerintah daerah tersebut mengambil tema "Ingat Nikah Jangan Lupa Berbagi Sesama dan Donor Darah dalam rangka Hari Palang Merah Internasional dan menyambut Nuzulul Quran 1441 Hijriyah."

Nantinya, mahar baju APD yang diserahkan pengantin akan disumbangkan ke PMI. Para pengantin juga akan mendonorkan darahnya sebagai wujud kemanusiaan.

Nikah bareng tersebut dilakukan secara sederhana di halaman KUA dan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker, pengecekan suhu tubuh dan hanya dihadiri 10 orang.

"Khusus untuk manten dan petugas dilengkapi sarung tangan dan pelindung muka, dan kemudian masuk kebun KUA yang disulap menjadi pelaminan konsep 'ngruwat alam'. Prosesi ijab qabul dilakukan secara bergantian sesuai SOP KUA dan manten," ujar Ryan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X