Bill Gates Bocorkan Orang yang Pertama Kali Terima Vaksin Corona

- Kamis, 25 Juni 2020 | 10:11 WIB
Bill Gates. (instagram/@thisisbillgates)
Bill Gates. (instagram/@thisisbillgates)

Bill Gates menjadi salah satu tokoh yang ikut terlibat dalam pengembangan vaksin virus corona, melalui yayasan Bill and and Melinda Gates Foundation miliknya.

Bill Gates bersama dengan sang istri, Melinda Gates dalam acara Forbes 400 Summit, membeberkan sejauh mana perkembangan vaksin corona saat ini, dan siapa saja orang yang memperoleh vaksin itu pertama kali.

Kini, yayasan milik Bill Gates itu mendanai tiga perusahaan farmasi untuk membuat vaksin virus corona, yaitu Moderna, AstraZeneca dan Johnson & Johnson. Perusahaan tersebut kini tengah menguji vaksin virus corona.

-
Bill Gates dan Melinda Gates. (instagram/@thisisbillgates)

Bill Gates merasa senang dengan hasil awal dari kandidat virus corona dari ketiga perusahaan itu. Secara global, perlu lebih dari 10 miliar dosis vaksin untuk 80% populasi dunia.

Ia memperkirakan, vaksin tersebut baru bisa didistribusikan lebih dari dua tahun lagi, itupun bergantung pada hasil pengujian ketiga perusahaan, apakah akan berhasil.

Terkait dengan pembuatan vaksin ini, Melinda mengatakan bahwa kehadirannya untuk mencegah adanya transaksi jual beli. Keluarga Bill Gates tak ingin vaksin tersebut dijual ke negara-negara yang memberikan penawaran tertinggi.

"Salah satu alasan kami sangat terlibat dalam hal ini adalah bahwa Anda tidak ingin vaksin pertama kali diberikan ke negara-negara dengan penawaran tertinggi,” ucap Melinda dilansir dari Forbes.

-
Melinda Gates. (instagram/@melindafrenchgates)

Ia mengatakan, orang yang berhak mendapatkan vaksin itu pertama kali ialah para petugas kesehatan di seluruh dunia. Hal ini karena tugas dan beban mereka yang cukup berat untuk menangani pasien corona.

"Ada 60 juta petugas kesehatan (di seluruh dunia). Mereka pantas mendapatkan vaksin terlebih dahulu, mereka yang berurusan dengan ini di garis depan, berusaha menjaga kita semua aman," sambung Melinda.

Melinda menambahkan, di Amerika Serikat sendiri, vaksin akan diberikan terlebih dahulu kepada orang kulit hitam dan orang ras Amerika asli.

"Kemudian pemberian selanjutnya harus mulai berjenjang dari sana, berdasarkan negara dan populasi. Di sini di Amerika Serikat, orang kulit hitam akan menjadi yang mendapatkannya terlebih dahulu dan orang ras amerika asli, serta orang-orang dengan gejala yang mendasar, dan kemudian orang tua," jelas Melinda.

Yayasan yang mereka miliki, Bill and Melinda Gates Foundation sudah berjanji akan memberikan lebih dari US$ 350  juta untuk memerangi virus corona.

Walaupun mereka sering diterpa isu tak mengenakkan, namun mereka tetap optimis dengan apa yang mereka lakukan.

"Pada saat seperti ini, ketika dunia menghadapi krisis kesehatan dan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya, sangat menyedihkan bahwa ada orang yang menyebarkan informasi yang salah ketika kita semua harus mencari cara untuk berkolaborasi dan menyelamatkan hidup," ungkap juru bicara Bill and Melinda Gates Foundation, dalam sebuah pernyataan, dilansir dari BBC.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X