CEK FAKTA: Benarkah Plat Mobil Camry Milik Habib Umar Assegaf Palsu?

- Jumat, 22 Mei 2020 | 11:35 WIB
Mobil Camry milik Habib Umar Assegaf bernomor plat N 1 B. (Istimewa)
Mobil Camry milik Habib Umar Assegaf bernomor plat N 1 B. (Istimewa)

Dalam beberapa jam terakhir semenjak video Habib Umar Assegaf dari Bangil, Pasuruan, berkelahi dengan petugas PSBB di cek poin pintu keluar tol Surabaya viral, muncul kabar miring yang menyebut kalau plat mobil bernomor polisi N 1 B yang menempel di mobil Camry yang ditumpanginya palsu.

Kabar miring tersebut salah satunya dibagikan oleh akun Diah Susanti yang berkomentar di kolom unggahan video yang dibagikan oleh akun Facebook Mas Abimanyu.

Dalam tangkapan layar foto-foto yang beredar, diduga nomor plat N 1 B tersebut merupakan nomor polisi dari mobil lainnya milik Habib Umar, yakni jenis Toyota Vios warna metalik.

-
Tangkapan layar yang diduga plat mobil milik Habib Umar Assegaf. (Istimewa)

Benarkah tudingan itu? Indozone.id telah melakukan penelusuran terkait hal tersebut dan hasilnya diketahui bahwa tangkapan layar yang beredar itu hoaks atawa tidak benar.

Dari situs e-samsat Jatim, Indozone.id menemukan bahwa nomor plat tersebut memang merupakan nomor polisi dari mobil Camry tersebut. Di situ juga terlihat kalau pajak mobil tersebut sebesar Rp 6.857.300 per tahun dan biaya parkir berlangganannya Rp 45.000. 

Hal itu juga dibenarkan oleh Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

"Data dari Ditlantas Polda Jatim, nomor polisi N 1 B itu atas nama Umar Abdullah Assegaf, jenis sedan, tipe Toyota Camry, warna hitam metalik tahun 2016. Jadi itu (foto) hoaks," ujar Trunoyudo.

-
Bukti keaslian nomor plat dan STNK mobil Camry milik Habib Umar Assegaf. (Foto: e-samsat Jatim)

Artikel menarik lainnya

Ratusan Rumah di Kampung Melayu Kebanjiran Setinggi Dada Orang Dewasa

Donald Trump Ancam Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Tiongkok

Pasca Lelang Keperawanan Rp2 Miliar, Sarah Keihl Akan Beri 1.000 Paket Sembako

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X