The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Harvard Perkirakan Sejak Agustus 2019, Covid-19 Sudah Menyebar di Tiongkok
Sejumlah masyarakat Tiongkok di Wuhan. (photo/REUTERS/Aly Song)
News

Harvard Perkirakan Sejak Agustus 2019, Covid-19 Sudah Menyebar di Tiongkok

Selasa, 09 Juni 2020 18:07 WIB 09 Juni 2020, 18:07 WIB

INDOZONE.ID - Berdasarkan hasil penelitian dari Harvard Medical School, virus corona (Covid-19) sudah menyebar di Tiongkok sejak Agustus 2019. Penelitian itu didasari citra satelit menyangkut pola kunjungan ke rumah sakit dan dari data mesin pencarian di dunia maya.

Tak hanya itu saja, kajian itu juga mengolah informasi dari kunjungan pasien sebagaimana terlihat dari sejumlah halaman parkir rumah sakit di Kota Wuhan, Prov. Hubai, Tiongkok. Sementara itu, dua kata dari mesin pencari atau search engine yang jadi fokus penelusuran adalah "batuk" dan "diare".

"Tingginya tingkat kunjungan orang ke rumah sakit dan pencarian data terkait gejala penyakit (Covid-19) di Wuhan telah lebih dulu terjadi dan terdokumentasikan sebelum kasus pertama SARS-CoV-2 diumumkan pada Desember 2019," menurut hasil kajian itu.

"Meskipun kami tidak dapat mengonfirmasi ada keterkaitan tingginya angka kunjungan dengan adanya virus baru, bukti-bukti yang kami kumpulkan mendukung temuan kajian lainnya bahwa virus itu telah menyebar sebelum adanya temuan virus di pasar Huanan Seafood," terang salah satu peneliti.

"Temuan ini juga terkoroborasi (sejalan, red) dengan hipotesis bahwa virus itu muncul secara alamiah di wilayah selatan Tiongkok dan kemungkinan telah menyebar lebih dulu sebelum adanya klaster Wuhan," demikian penjelasan dari tujuan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US