Terkait Kalimat Syahadat di Rompi Luhan, Pihak Brand Klarifikasi dan Minta Maaf

- Rabu, 3 Juni 2020 | 18:07 WIB
Busana Luhan. (Photo/Twitter/@taenyri)
Busana Luhan. (Photo/Twitter/@taenyri)

Publik dibuat kesal terkait busana Luhan mantan personel EXO yang mendadak viral di media sosial karena ada kalimat syahadat yang berada di busananya.

Dilansir dari Koreaboo, Rabu (3/6/2020) pihak brand mengakui beberapa alasan mengapa mereka melakukan kesalahan pada fashion idolanya tersebut. Hal itu karena kalimat syahadat yang ada di busananya dianggap telah menyinggung umat muslim.

Selain itu, pihak brand juga meminta maaf karena umat muslim tidak memperkenankan untuk memakai kalimat suci di busana. Busana yang dipakai Luhan merupakan busana yang dibuat oleh label mode Sankuanz untuk koleksi terbaru Autumn/Winter 2020. Busana itu merupakan busana pria kontemporer dan streetwear.

"Koleksi Autumn/Winter 2020 menampilkan signature looks dari berbagai latar belakang budaya yang beragam. Sayangnya karena kurangnya kesadaran dan pemahaman akan budaya muslim, kami mengutip kalimat syahadat secara tidak tepat dalam desain kami. Kami sangat meminta maaf kepada semua umat muslim dan kami akan lebih hati-hati lagi di masa depan," tulis permintaan maaf Sankuanz.

"Tema dari koleksi ini adalah The Century. Desainer ingin menonjolkan tampilan dari berbagai sejarah dan budaya. Misalnya, suit tunic Tiongkok yang dibuat berdasar workwear jacket Amerika, formal suit, youth streetwear, race car suit dengan tassel metalik, seragam tentara Timur Tengah dan tentara Eropa, jaket dengan spike musisi rock. Kata kuncinya adalah collectivity. Desainer juga memakai simbol umum militer, agama, dan pop kultur untuk menggambarkan penghormatan kepada perbedaan budaya di abad ini," tambah keterangan tersebut.

"Kami benar-benar meminta maaf kepada semua umat Muslim dan kami tidak akan menggunakan kalimat syahadat lagi di desain kami lainnya," tutupnya pernyataan itu.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X