Alhamdulillah, Masjid di Arab Saudi Kembali Dibuka

- Minggu, 31 Mei 2020 | 22:19 WIB
Umat muslim beribadah di masjid Al-Rajh, dengan menerapkan protokol kesehatan (REUTERS/Ahmed Yosri)
Umat muslim beribadah di masjid Al-Rajh, dengan menerapkan protokol kesehatan (REUTERS/Ahmed Yosri)

Masjid di Arab Saudi akhirnya kembali dibuka untuk jemaah pada hari Minggu (31/5/2020). Sudah dua bulan masjid di Arab Saudi ditutup sebagai upaya menekan laju penularan COVID-19.

"Senang rasanya menikmati kasih sayang Tuhan dan sekali lagi kami dapat memanggil jemaah beribadah ke masjid daripada di rumah," kata seorang muazin Masjid Al Rajhi, Abdulmajeed Al Mohaisen.

Masjid Al Rajhi merupakan salah satu yang terbesar di Riyadh, ibu kota Arab Saudi. Masjid kini kembali terisi oleh jemaah yang hendak salat, dengan mematuhi aturan kesehatan ketat.

Protokol kesehatan untuk salat di masjid adalah memakai masker, membawa sajadah sendiri, menghindari jabat tangan, dan menjaga jarak setidaknya sampai dua meter dari orang lain.

Sementara itu, orang lanjut usia, anak-anak berusia di bawah 15 tahun, dan mereka dengan penyakit parah tidak diizinkan shalat di masjid. Jamaah juga diwajibkan berwudu dari rumah.

"Mata saya berkaca-kaca saat kembali menginjakkan kaki di masjid dan saya mendengar azan. Terima kasih Tuhan atas berkah ini, kami dapat kembali beribadah di masjid," kata seorang warga Suriah yang tinggal di Riyadh, Maamoun Bashir.

Otoritas Arab Saudi mengatakan aturan pembatasan akan dicabut secara bertahap hingga 21 Juni. Namun, kebijakan itu tidak berlaku di kota suci Mekkah.

Ibadah haji dan umrah, yang menarik kunjungan jutaan umat Islam dari seluruh dunia, masih diberhentikan. Kasus virus corona di Arab Saudi adalah 83 ribu positif, dan 480 meninggal dunia.

Korban jiwa akibat COVID-19 di Arab Saudi merupakan yang tertinggi dibandingkan negara teluk lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X