Batu Yoni Unik Berukuran Besar ini Ditemukan di Mungkid Magelang

- Selasa, 16 Maret 2021 | 22:58 WIB
Batu yoni unik berukuran besar ditemukan di lahan warga Dusun Culengan, Desa Gondang, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. (photo/ANTARA/Heru Suyitno)
Batu yoni unik berukuran besar ditemukan di lahan warga Dusun Culengan, Desa Gondang, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. (photo/ANTARA/Heru Suyitno)

Batu yoni unik yang berukuran besar dan sebuah lingga ditemukan di lahan warga Dusun Culengan, Desa Gondang, Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kepala Sub Kelompok Pengamanan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng Harun Al Rosyid ketika dihubungi di Magelang, Selasa, mengatakan yoni tersebut unik karena di bagian cerat (corong) ada hiasan nandi atau sapi berdiri utuh.

Yoni dan lingga tersebut ditemukan di lahan pasangan milik pasangan Wahyanto (83) dan C. Suprijati (71).

Yoni tersebut ditemukan terpendam di belakang rumah dengan kedalaman sekitar 1,5 meter dengan posisi miring. Sedangkan penutupnya atau lingga berada di dekat kolam ikan di belakang rumah.

"Saya baru kali ini menemukan cerat yang ada nandinya," kata Harun dikutip dari ANTARA.

Baca juga: Menkes Sebut 11,7 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Gratis Masuk ke Indonesia hingga Mei 2021

Menurut dia saat ini BPCB Jateng masih melakukan kajian terhadap yoni maupun lingga tersebut termasuk rencana penyelamatan maupun pengamanan ke depannya.

Berdasarkan pengukuran yang dilakukan, alas yoni berukuran 146 x 146 centimeter. Kemudian tingginya 130 centimeter, atas 127 x 127 centimeter, panjang cerat 64 centimeter, lebar cerat 39 centimeter, tinggi ceratnya 35 centimeter.

Suprijati menuturkan dulu waktu di sini masih lahan sawah, ketika dibajak, ujung bajak mengenai batu, kemudian digali kelihatan besar.

Namun keberadaan batu tersebut, katanya lama kelamaan terpendam dan semakin ambles.

"Dulu pernah ada dari purbakala yang datang ke sini, kemudian sekitar dua minggu yang lalu digali lagi," katanya. 

Untuk diketahui, Yoni merupakan sebuah objek cekung atau berlubang, yang melambangkan kemaluan wanita (vagina). Objek ini merupakan lambang kesuburan. Di beberapa daerah di Indonesia yoni disebut juga lesung batu karena menyerupai sebuah lesung yang terbuat dari batu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X