Ilmuwan Tiongkok: Kelelawar Penyebab Munculnya Virus Corona

- Sabtu, 16 Mei 2020 | 19:32 WIB
Ilustrasi kelelawar yang disebut adalah asal mula yang membawa virus corona. (Unsplash/Thomas Lipke)
Ilustrasi kelelawar yang disebut adalah asal mula yang membawa virus corona. (Unsplash/Thomas Lipke)

Sebuah laporan yang dimuat oleh Biorxiv.org menyebutkan bahwa seorang ahli virologi asal Tiongkok, Shi Zhengli menemukan fakta bahwa kelelawar adalah penyebab utama munculnya virus corona (Covid-19).

Dikutip dari SCMP, Sabtu (16/5/2020), Shi Zhengli yang merupakan Kepala Peneliti Penyakit Menular Institut Virologi Wuhan menulis bahwa kelelawar tapal kuda merupakan inang dari virus yang terkait SARS coronavirus (SARSr-CoVs).

Penelitian yang belum ditinjau lebih jauh ini menyebut bahwa kelelawar membawa banyak virus corona dengan tingkat keragaman genetik yang tinggi, terutama pada lonjakan protein yang menunjukkan bahwa mereka telah berevolusi dari waktu ke waktu untuk membantu penularannya.

"Semua protein kelelawar SARSr-CoV yang diuji memiliki afinitas pengikatan yang lebih tinggi pada ACE2 manusia daripada pada kelelawar ACE2, meskipun mereka menunjukkan afinitas pengikatan 10 kali lipat lebih rendah pada ACE2 manusia dibandingkan dengan rekan SARS-CoV mereka," mengutip dari laporan tersebut.

Shi Zhengli sendiri telah menjadi subyek spekulasi yang intens atas pekerjaannya di institut tersebut, yang meliputi penemuan reservoir kelelawar alami untuk patogen SARS (sindrom pernafasan akut yang parah) yang menyebar melalui Tiongkok bagian selatan dari tahun 2002 hingga 2003.
 
Presiden AS, Donald Trump bulan lalu meyakini bahwa virus corona baru terkait dengan Institut Virologi Wuhan, bahkan setelah intelijen AS mengatakan bahwa bukan buatan manusia atau dimodifikasi secara genetis. Meski begitu, hal ini masih diteliti  untuk menentukan apakah wabah dimulai dari hewan yang terinfeksi atau kecelakaan laboratorium.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X