Dari Kapolda Metro, Irjen Nana Sudjana Sekarang Jadi Kapolda Sulut, IPW: Turun Kasta

- Jumat, 19 Februari 2021 | 12:25 WIB
Irjen Pol Nana Sudjana. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Irjen Pol Nana Sudjana. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Irjen Pol Nana Sudjana kembali menduduki posisi Kepala Polisi Daerah (Kapolda) setelah sebelumnya dicopot dari jabatan Kapolda Metro Jaya oleh Kapolri terdahulu Jenderal Idham Azis. Irjen Nana kini menempati posisi sebagai Kapolda Sulut.

Indonesian Police Watch (IPW) memandang ada penurunan kasta atau derajat yang dialami oleh jenderal polisi bintang dua tersebut. Pasalnya Irjen Nana pernah menjabat sebagai Kapolda Metro kini malah mengisi jabatan Kapolda Sulut.

"Irjen Nana yang pernah terdepak sebagai Kapolda Metro Jaya di era Kapolri Idham Azis kini kembali mendapat posisi Kapolda Sulut. Ini agak aneh sebab posisi Nana turun derajat dari Kapolda Metro Jaya menjadi Kapolda Sulut," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (19/2/2021).

Polda Metro Jaya diketahui merupakan Polda yang sangat strategis untuk karir para anggota polisi. Biasanya yang pernah memimpin atau berada di Polda Metro Jaya akan menjabat di jabatan yang sangat strategis di tubuh Polri.

Sekadar informasi, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo merombak sejumlah jabatan di tubuh Polri. Salah satu jabatannya yakni Kapolda.

Satu nama yang mencolok ialah Irjen Nana Sudjana. Dia diketahui sempat dicopot oleh Kapolri terdahulu saat menjabat sebagai Kapolda dan kini dia diangkat kembali menjadi Kapolda meski berbeda wilayah.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X