Pasien Positif Corona yang Tolak Isolasi Terpusat akan Dijemput Aparat

- Senin, 14 September 2020 | 08:26 WIB
Ilustrasi Pemberlakuan PSBB di DKI Jakarta. (Foto: INDOZONE)
Ilustrasi Pemberlakuan PSBB di DKI Jakarta. (Foto: INDOZONE)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan jika ada pasien positif terpapar Virus Corona (COVID-19) yang menolak untuk isolasi terpusat di tempat yang telah ditentukan, akan dilakukan penjemputan oleh petugas kesehatan dengan aparat penegak hukum.

"Jadi mulai besok (Hari ini-Red)semua yang ditemukan positif diharuskan untuk isolasi secara terkendali di tempat tempat yang telah ditetapkan. Bila ada kasus positif yang menolak isolasi di tempat yang telah ditentukan maka akan dilakukan penjemputan oleh petugas kesehatan bersama dengan aparat penegak hukum," kata Anies seperti dilansir Antara di Jakarta, Minggu (13/9/2020).

Menurut Anies, isolasi mandiri yang dilakukan di rumah tinggal akan memiliki potensi pada penularan COVID-19 klaster rumah. Oleh karena itu, isolasi mandiri di rumah harus dihindari.

"Dan klaster rumah ini sudah terjadi, karena tidak semua kita memiliki pengetahuan pengalaman untuk bisa menjaga agar kesehariannya tidak menularkan kepada orang lain," kata Anies.

Anies mengakui pihaknya membutuhkan sarana untuk mengendalikan persebaran COVID-19 dengan diberlakukannya PSBB secara lebih ketat yang dimulai hari ini, Senin (14/9/2020).

"Terkait dengan sarana isolasi, kita membutuhkan untuk bisa mengendalikan penularan agar makin terbatas dengan cara mereka mereka yang terpapar diisolasi," kata Anies.

Dalam kesempatan itu, Anies menyampaikan permintaan agar pasien terpapar COVID-19 yang OTG atau gejala ringan menjalani perawatan secara terpusat.

"Ke depan seperti permintaan kita kemarin, orang terpapar tanpa gejala atau gejala ringan akan diisolasi secara terpusat terkendali dan tidak di rumah," jelas Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X