The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Netizen Ini Kesal Tayangan di TV Isinya 'Oppa' Korea: Segitu Jeleknya Budaya Indonesia?
Boyband BTS (Ilustrasi/Dok. Tokopedia)
News

Netizen Ini Kesal Tayangan di TV Isinya 'Oppa' Korea: Segitu Jeleknya Budaya Indonesia?

Kamis, 12 November 2020 10:48 WIB 12 November 2020, 10:48 WIB

INDOZONE.ID - Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat budaya Korea semakin dikenal dunia. Tentunya, hampir semua orang pernah mendengar K-Pop (Korean Pop). Bahkan, penggemar K-Pop telah tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Perlahan, segala hal yang berbau Korea pun mulai masuk ke industri hiburan Indonesia. Artis-artis Korea yang berwajah rupawan juga selalu menyita perhatian.

Tak heran banyak wanita yang menggilai 'oppa' Korea. Dalam bahasa Korea, panggilan 'oppa' biasanya diberikan perempuan yang lebih muda kepada laki-laki yang lebih tua.

Namun, budaya Korea yang masuk ke Indonesia ternyata tak selalu mendapat tanggapan positif. Seperti yang dikeluhkan netizen satu ini. Dia merasa jenuh karena tayangan TV-nya penuh dengan oppa-oppa Korea.

Baca juga: Suasana Konser K-pop di Korea saat Pandemi Tetap Meriah, 300 Tenda Dipasang untuk Penonton

"Baru tadi setel TV, eh isinya oppa-oppa semua," kata netizen tersebut dalam unggahan status Story WhatsApp-nya yang kemudian dibagikan ulang akun Twitter @AREAJULID.

Dia pun mempertanyakan mengapa harus membawa budaya luar, padahal Indonesia memiliki budaya sendiri.

"Sebegitu jeleknya apa budaya Indonesia, sampai-sampai harus membawa budaya luar ke dalam," lanjutnya.

Curhatan netizen itu pun mendapat beragam komentar dari netizen. Banyak yang sependapat dengannya. Menurut netizen, semua tayangan di TV saat ini terlalu banyak menayangkan tentang budaya Korea.

"Sbnrnya gak ttg budaya sih, cmn aku juga mikir gini kenapa mesti artis kpop sih? Apa artis indo gak punya impact yg kuat ya sampai harus pakai artis luar.  Gak ngehate ya aku juga kpopers kok, tapi ya kadang mikir juga kesitu," kata @Jungpal9.

"Nggg.. tapi iya juga sih. Kek apa2 sekarang kpop gitu di tv jadi kayak gmn ya.. dulu sih demen jamannya indosiar dah kayak tv korea. Tapi sekarang kayak duh bosen semua2 kenapa musti dari korea sih.. enakan dulu waktu masih susah buat streamingan jadi ada gregetnya," kata @joblessdino.

Namun, menurut beberapa netizen lainnya, apa yang ditayangkan di TV yang berbau Korea masih dalam tahap wajar. Apalagi, sebagian besar tayangannya adalah bagian dari iklan e-commerce.

"Gimana ya, ecommerce besar yg tayang di tv jga kan pasti menimbang mana yg pasarannya lagi besar atau lg trend di indo. Klo dblg bawa budaya luar, mrk cuma nyanyi dance doang, malah kita yg bawa budaya goyang shopee ke mereka ga si? Wkwk. Jgn salty amat ke kpopers," kata @chrispyuwu.

"Sebegitu jeleknya pikiranmu gak bisa ngehargain yang buat acara, padahal dangdut juga udah di ikut sertakan. Gak liat dari awal gausah sok keras," kata @susah_bgst.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Dina
Zega

Zega

Editor
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US