Usai Satu Abad Lebih Disimpan, Lukisan Van Gogh Akhirnya Ditampilkan ke Publik

- Selasa, 2 Maret 2021 | 16:52 WIB
Lukisan
Lukisan

Setelah satu abad lebih disimpan, lukisan pemandangan jalan di Paris karya Vincent Van Gogh akhirnya ditampilkan untuk pertama kalinya di hadapan publik. Sebelumnya, lukisan tersebut disimpan sebagai koleksi pribadi sebuah keluarga Prancis.

Karya tersebut dilukis oleh Van Gogh pada tahun 1887 saat ia dan saudaranya, Theo, menginap di ibu kota Prancis.

Nantinya, lukisan Van Gogh akan dipajang di rumah lelang Sotheby di Amsterdam, Hong Kong dan Paris sebelum dilelang bulan depan. Kabarnya, nilai karya seni tersebut bisa terjual antara 5 sampai 8 juta euro.

Lukisan berjudul "A street scene in Montmartre" ini memperlihatkan pria dan wanita berjalan bergandengan tangan melewati pagar reyot dengan kincir angin di latar belakang.

Lukisan itu adalah bagian dari rangkaian lukisan yang dibuat Van Gogh di Montmartre, distrik perbukitan Paris yang sekarang didominasi oleh gereja Sacre Coeur.

Lukisan itu adalah bagian dari rangkaian lukisan yang dibuat Van Gogh di Montmartre, distrik perbukitan Paris yang sekarang didominasi oleh gereja Sacre Coeur.

Ketika seniman itu ada di sana, gereja sedang dibangun dan daerah itu terdiri dari ladang-ladang, rumah-rumah dan kincir angin di pinggir kota dengan harga sewa murah yang mulai menarik seniman bohemian itu.

Van Gogh tiba di Paris pada tahun 1886. Dia meninggalkan kota itu pada tahun 1888, mengatakan bahwa dia telah lelah dengan kesibukan kehidupan Paris. 
Dia kemudian pindah ke selatan Prancis, di mana dia memotong sebagian telinganya ketika menghadapi penyakit mental. Seniman itu kemudian menembak dirinya sendiri dan meninggal di dekat Paris pada 29 Juli 1890.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X