Akhirnya! Setelah Puluhan Tahun Terbengkalai, Pemkab Garut Perbaiki Jalan Rusak

- Selasa, 2 Maret 2021 | 10:47 WIB
Kondisi jalan di wilayah selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)
Kondisi jalan di wilayah selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

Pemkab Garut, Jawa Barat, akhirnya mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki jalan di wilayah selatan Garut. Jalan ini sudah puluhan tahun tidak pernah diperbaiki karena keterbatasan anggaran.

"Jalan yang sekarang dibangun di wilayah selatan itu ada 20-30 tahun belum pernah diperbaiki, sekarang baru ada perhatian," kata Kepala Seksi Pembangunan, Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut Didan El Karim, dikutip dari Antara, Selasa (2/3/2021).

Sebelumnya program pembangunan infrastruktur jalan itu belum fokus ke wilayah selatan, melainkan di perkotaan Garut dan sekitarnya.

Namun beberapa tahun belakangan pembangunan mulai fokus ke wilayah selatan, terutama jalan yang sering dilintasi banyak warga untuk kegiatan bertani maupun ke kota.

"Walaupun jumlah penduduk tidak seberapa tapi kita tetap memperhatikan mereka," katanya.

Ada empat titik jalan yang akan diperbaiki, yaitu Jalan Simpang Sagara-Cibaregbeg di Kecamatan Cibalong sepanjang 9,8 km dengan anggaran sebesar Rp16 miliar, kemudian Jalan Tegal Panjang-Ciawi sepanjang 5 km dengan anggaran sebesar Rp10 miliar.

Selanjutnya perbaikan Jalan Caringin-Indralayang di Kecamatan Caringin sepanjang 5 km dengan besaran anggaran Rp9 miliar, dan Jalan Cibogo-Karangsari di Kecamatan Pakenjeng sepanjang 2 km dengan anggaran Rp3,5 miliar.

"Jalan di sana itu sudah ada, asalnya tanah dan batu, dulu ada diaspal tapi sudah tidak ada, sekarang diperbaiki untuk masyarakat agar mudah mengangkut hasil buminya," katanya.

Ia menambahkan selain wilayah selatan Garut, pihaknya juga memperhatikan kondisi jalan di daerah lain, termasuk memperbaiki kerusakan jalan di wilayah perkotaan Garut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X