Edy Sebut 'Tionghoa Sumut Cuma Makan', Lindswell Marah: Bapak Kira Kami Keturunan Korea?

- Rabu, 16 Desember 2020 | 13:21 WIB
Lindswel Kwok mantan Atlet Wushu asal Sumut, Edy Rahmayadi (kanan) (Instagram/Lindswell Kwok)
Lindswel Kwok mantan Atlet Wushu asal Sumut, Edy Rahmayadi (kanan) (Instagram/Lindswell Kwok)

Pernyataan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyebut orang Tionghoa di Sumatera Utara 'tak pernah juara satu dalam bidang olahraga dan hanya makan aja', menimbulkan polemik.

Edy dinilai tidak patut menyebut etnis Tionghoa dalam pernyataannya seperti yang diucapkan mantan atlet Wushu kebanggaan tanah air yang sudah pensiun, Lindswell Kwok dalam Insta Stories miliknya.

"Kepada Bapak Gubernur Sumut yang terhormat. Kalau kata-katanya diganti menjadi ingin lebih banyak atlet keturunan Tionghoa yang turun di PON mungkin lebih pantas ya pak," tulis Lindswell seperti yang dikutip INDOZONE, Rabu (16/12/2020).

Menurut Lindswell pernyataan orang Tionghoa 'jangan cuma makan aja' dinilai tak elok dikeluarkan seorang gubernur dengan menyinggung identitas etnisnya.

"Kalau gak ada kata2 'jangan cuma makan aja' juga sepertiya lebih pas dengan status Bapak sebagai Gubernur," beber Lindwell.

-
Lindswel Kwok mantan Atlet Wushu asal Sumut yang berprestasi. (Instagram/Lindswell Kwok)

 

Lindswell yang kini telah jadi mualaf dan berhijab menyebutkan kalau ada atlet Tionghoa yang berprestasi, bahkan menyumbangkan mendali emas mulai dari ajang PON, Sea Games hinga Asian Games, tanpa menyebutkan siapa sosoknya.

"Ada loh pak atlet Sumut Tionghoa yang turun di PON, Sea Games. Asian Games juga malah, bukannya Asian Games kemarin juga sudah tatap muka ya pak sama beberapa atlit?? Oh mungkin Bapak kira kami keturunan Korea," sebut Lindswell yang kini menikah dengan atlet Wushu.

Lindswell menyarankan Edy Rahmayadi untuk turun langsung ke lapangan untuk mencari kebenarannya sebelum menyampaikannya di depan umum hingga tidak jadi salah kaprah.

"Agar Bapak gak salah kaprah ada baiknya Bapak meninjau langsung ke lapangan, jadi ga hanya staff bapak yang tahu data. Bukan begitu netijen??" tanyanya. 

-
Tangkap layar insta stories Lindswell Kwok. (Instagram)

 

Lindswell Kwok sendiri merupakan atlet keturunan Tionghoa asal Sumut yang pernah mengharumkan nama bangsa Indonesia karena pernah menyumbangkan mendali emas baik di kejuaran Wushu baik di tingkat nasional maupun internasional.

Sejumlah prestasi tingkat dunia, bahkan pernah diraih wanita kelahiran Medan itu seperti emas Kejurnas di Makassar 2009 dan PON Jabar 2016 begitu juga emas di Kejuaraan Dunia di Kanada 2009, Malaysia 2013, Indonesia 2015, Polandia 2016 dan Rusia 2017 juga pernah direngkuh.

Bahkan pada ajang Asian Games 2018 terakhir di mana Indonesia jadi tuan rumah di Jakarta dan Palembang, Lindswell Kwok merebut dua medali emas. Ia menjadi yang terbaik di nomor Taijiquan dan Taijijian.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X