Geledah Kantor Pusat Khilafatul Muslimin di Lampung, Ini yang Didapat Polisi

- Kamis, 9 Juni 2022 | 22:12 WIB
Tangkapan layar konvoi pengendara sepeda motor membawa atribut khilafah beberapa waktu lalu. (Twitter/@Miduk17)
Tangkapan layar konvoi pengendara sepeda motor membawa atribut khilafah beberapa waktu lalu. (Twitter/@Miduk17)

Penyidik Direktorat Reserse Polda Metro Jaya sempat menggeledah kantor pusat kelompok Khilafatul Muslimin (KM) yang berada di Lampung. Sejumlah barang buktu disita polisi dari penggeledahan tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol E Zulpan menyebut barang bukti yang diamankan dari penggeledahan itu antara lain buku-buku hingga dokumen berkaitan dengan khilafah.

"Hasil geledahan tim Polda di kantor Pusat KM di Kota Bandar Lampung. Jadi temuan yang kita peroleh di kantor pusat itu berupa buku dan dokumen diantaranya terkait dengan khilafah, kemudian NII dan juga ISIS," kata Kombes Zulpan kepada wartawan, Kamis (9/6/2022).

Zulpan menyebut pihaknya saat ini masih memilih-milih barang bukti tersebut. Nantinya, barang bukti itu akan dilakukan pendalaman lebih jauh.

"Saat ini sedag didalami tim Polda Metro Jaya guna pengembangan lebih lanjut khususnya terkait paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Pancasila," beber Zulpan.

Baca Juga: Wemenag Tegaskan Khilafatul Muslimin Tak Terdaftar di Kemenag

Sekedar informasi, buntut viralnya video konvoi beratribut khilafah di Jawa Tengah dan Jakarta membuat polisi turun tangan. Polda Jateng sempat menetapkan sejumlah orang sebagai tersangka dalam kasus ini.

Sedangkan Polda Metro Jaya menangkap pimpinan tertinggi Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Baraja di Lampung serta menetapkannya sebagai tersangka dan melakukan penaganan. Polisi menegaskan kasus ini bukan semata-mata karena konvoi, melainkan ada hal yang lebih besar dari kelompok Khilafatul Muslimin.

Kelompok ini disebut Polda Metro Jaya menyebarkan paham-paham propaganda. Bahkan, kelompok ini berniat mengubah ideologi Pancasila yang tentunya bertentangan dengan aturan hukum di Indonesia.

Mabes Polri sendiri menyebut aliran dana dari kelompok ini dikumpulkan dari kotak amal. Namun, kotak amal tersebut hanya disebar di internal mereka.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X