The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Erick Thohir Berharap HIPMI Ajak Gen Z dan Milenial Jadi Pengusaha
Erick Thohir (tengah) (Istimewa)
News

Erick Thohir Berharap HIPMI Ajak Gen Z dan Milenial Jadi Pengusaha

Wadah pengusaha muda.

Senin, 13 Juni 2022 11:30 WIB 13 Juni 2022, 11:30 WIB

INDOZONE.ID - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), genap berusia 50 tahun di bulan Juni ini. Serangkaian kegiatan berlangsung dalam rangka HUT HIPMI kali ini yang bertemakan 'Bersama Wujudkan Indonesia Emas 2045'. Opening ceremony bertempat di Jakarta Convention Centre, Jumat (10/6/2022) kemarin.

Sebagai orang yang pernah menjadi bagian dari HIPMI, Menteri BUMN Erick Thohir turut berbahagia dan mengungkapkan harapannya pada organisasi HIPMI sebagai wadah pengusaha muda. Erick berharap HIPMI mampu menyerap dan mewujudkan semangat perubahan. Perubahan yang menjadi jalan bagi generasi Z dan milenial untuk menjadi pengusaha.

“Hanya dengan semangat perubahan, HIPMI akan menjadi wadah yang sesuai dengan semangat generasi Z dan milenial yang kini banyak terjun menjadi pengusaha muda.” kata Erick.

Semangat perubahan itulah yang melandasi visi dan kebijakan Kementerian BUMN untuk menggerakkan transformasi di tubuh BUMN. Proses yang mengubah banyak hal dalam perusahaan plat merah agar mampu bertahan bahkan bersaing secara global. Transformasi yang menyentuh sisi pembenahan bisnis model, pembentukan tim, pembuatan SOP, dan penetapan target pencapaian.

“Fokus transformasi BUMN saat ini: bisnis model, pembentukan tim dan SOP, serta menetapkan target pencapaian.” ungkap Erick melalui akun media sosialnya.

Erick juga menekankan pentingnya perhatian dan strategi menghadapi regionalisasi di lingkup negara-negara Asia Tenggara dan Asia. Pasar dan persaingan di tingkat regional membutuhkan strategi yang tepat agar peluang yang terbuka dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Saat ini kita tidak bicara globalisasi, tapi regionalisasi. Bagaimana menguasai pasar ASEAN dan juga Asia yang ternyata punya opportunity yang besar.” ujar Erick.

Tantangan lain adalah isu lingkungan yang berdampak pada krisis pangan. Perubahan iklim yang mengancam produksi produksi dan ketersediaan pangan dunia. Disamping itu HIPMI juga harus menyadari ancaman disrupsi yang dapat berdampak pada hilangnya pekerjaan.

“Lalu cara kita menghadapi tantangan lingkungan yang berdampak pada krisis pangan, serta bisnis yang terus berubah dengan akan banyak lapangan kerja yang hilang," ujarnya.

Erick Thohir, Hipmi
Erick Thohir Berharap HIPMI Ajak Gen Z dan Milenial Jadi Pengusaha (Istimewa)

Pada momen kali ini Erick juga berharap agar HIPMI menjadi penggerak utama pembangunan menuju Indonesia emas 2045. Dengan memanfaatkan bonus demografi, semakin banyak pengusaha muda yang akan berkontribusi bagi kemajuan dan kejayaan Indonesia di masa depan.

"HIPMI harus jadi penggerak utama membangun Indonesia Emas 2045 berdasarkan kekuatan sendiri. “ ujar Erick.

Erick juga menegaskan bahwa langkah dan kebijakan Pemerintah terbukti tepat dalam mengantisipasi tantangan dan perubahan. Daya saing Indonesia harus mampu didongkrak, iklim investasi juga harus diciptakan.

“Pemerintah sudah keluarkan berbagai kebijakan agar potensi-potensi dalam negeri ini maju. UU Cipta Karya buktikan terjadi kenaikan investasi yang disumbangkan investasi dalam negeri.” lanjut Erick.

HIPMI juga menggelar HIPMI & APKASI Expo, Museum HIPMI, Business Matching, Indonesian Young Leader Forum, Pemilihan Duta Entrepreneur HIPMI 2022 dan HIPMI GOLF Tournament 2022.

BUMN saat ini telah memiliki sejumlah holding, seperti holding pangan, holding farmasi, holding rumah sakit, dan juga holding Indonesia Battery Corporation (IBC). Dampak positif transformasi bagi Indonesia dalam membangun ketahanan pangan, kesehatan, dan energi. Transformasi BUMN  juga mampu menaikkan daya saing BUMN di kancah internasional.

Karena itu, kita harus punya roadmap mandiri yang digunakan para pengusaha kita bagi kemajuan bangsa sendiri," pungkas Erick.

Artikel Menarik Lainnya:


 

TAG
Edi Hidayat
Marghareta Anandya
JOIN US
JOIN US