Ribuan Pemudik Gratis dari DKI Jakarta Mulai Banjiri Terminal Tirtonadi Solo

- Selasa, 18 April 2023 | 11:01 WIB
Pemudik membanjiri Terminal Tirtonadi Solo. (Z Creators/Ari Welianto)
Pemudik membanjiri Terminal Tirtonadi Solo. (Z Creators/Ari Welianto)

Ribuan pemudik dari program mudik gratis DKI Jakarta, mulai membanjiri Terminal Tirtonadi Solo, pada Senin 17 April 2023 malam WIB.

Ada puluhan bus yang mengangkut ribuan pemudik dari DKI Jakarta. Para pemudik tampak bahagia dan sumringah usai tiba di Terminal Tirtonadi Solo.

Mereka pun mengaku, perjalanan dari Jakarta ke Solo cukup cepat dan di luar prediksi. Karena perjalanan lewat Jalan Tol Trans-Jawa, mereka juga puas dengan pelayanan selama perjalanan. Salah satu pemudik, Jeneri Rahman (30), senang meski ini pengalaman pertamanya ikut mudik gratis.

-
Pemudik membanjiri Terminal Tirtonadi Solo. (Z Creators/Ari Welianto)

Baca Juga: Mudik Lebaran 2023: Ratusan Sopir Bus di Solo Jalani Tes Kesehatan

"Baru pertama kali ikut mudik gratis ini. Tidak nyangka, busnya itu lancar dan tibanya cepat dari perkiraan," ujar Jeneri.

Ia mengaku, pelayanan selama perjalanan cukup bagus. Kru bus pun selalu menawarkan ke penumpang siapa yang mau ke toilet dan salat kalau mampir di rest area. Jeneri mudik bersama istri, anak, dan saudaranya.

"Cukup melayani banget sih, dari tempat sudah cukuplah. Lewat via tol terus dan lewat dalam tidak ada. Tadi, dari Jakarta keluar Monas itu pukul 10.00 WIB, cukup melayani banget," katanya.

"Ada empat orang. Mau mudik ke tempat istri di Tawangmangu, dari sini nanti naik taksi online," sambung dia.

Adanya mudik gratis ini sangat membantu dan bisa menghemat uang. Sebab, ongkos mudik perorangan dari Jakarta ke Solo, bisa mencapai Rp 600 ribu.

"Harga tiket kemungkinan bisa Rp650 ribu, itu kalau empat orang harus menyiapkan berapa uang. Jadi, ini sangat membantu dan hemat, uang yang harusnya buat beli tiket bisa untuk fitrah saudara-saudara," paparnya.

Hal senada juga disampaikan pemudik lain, Suparno (51) yang senang dan puas mudik gratis ini. Sebab, perjalanan cukup lancar dan tidak macet.

"Secara fasilitas yang didapat, cukup nyaman meski gratis. Aman dan tenang, fasilitasnya cukup bagus," terang pemudik asal Gemolong, Sragen ini.

"Senang ikut program mudik gratis ini.  Ya, enak bareng-bareng kan mudiknya. Saya sama keluarga anak dua sama istri," tandasnya.

Kedatangan Pemudik Akan Meningkat di Terminal Tirtonadi Solo

Sementara itu, staf lalu lintas Terminal Tirtonadi Solo, Sriyono, mengatakan pemudik dari program mudik gratis sudah mulai berdatangan ke Terminal Tirtonadi. Sudah ada ribuan pemudik dari 42 bus yang masuk dan tiba di Solo. Jumlah tersebut diprediksi masih akan terus bertambah.

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X