Buruan Daftar! Kuota Program Mudik Gratis Naik Kereta Api dan Kapal Laut Masih Tersedia

- Minggu, 26 Maret 2023 | 10:40 WIB
Menhub Budi Karya saat melepas mudik gratis menggunakan kapal laut. (Dok Kemenhub)
Menhub Budi Karya saat melepas mudik gratis menggunakan kapal laut. (Dok Kemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian dan Perhubungan Darat mengungkapkan bahwa kuota program mudik gratis moda transportasi kereta api dan kapal laut dengan membawa sepeda motor masih tersedia. 

“Program angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api yang menyediakan kapasitas hingga lebih dari 46 ribu penumpang dan lebih dari 10 ribu unit sepeda motor untuk arus mudik dan balik, kuotanya masih tersedia,” kata Direktur Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Djarot Tri Wardhono kepada wartawan, dikutip Minggu (26/3/2023).

Baca Juga: Kuota Sudah Penuh, Pendaftaran Program Mudik Gratis Kemenhub dengan Bus Ditutup Sementara!

Djarot menjelaskan, sejak dibuka 1 Maret 2023 lalu, total masyarakat yang telah mendaftar sebanyak 3.094 penumpang dan 1.994 motor. Dia menyebut, terdapat tiga hal baru dari mudik gratis moda kereta api tahun ini.

Pertama, motor dan penumpang diangkut dengan kereta api yang sama, yaitu Kereta AC Ekonomi. Kedua, penerapan harga tiket yang relatif murah berkisar Rp10.000-Rp20.000 bagi penumpang sesuai jarak lintasan. Terakhir, ada tambahan lintasan baru yaitu lintas Cilegon-Semarang Tawang atau Lintas Utara.

“Sebelumnya, hanya ada dua lintasan yaitu Lintas Tengah (Jakarta Gudang- Purwosari) dan Lintas Selatan (Kiaracondong - Purwosari),” tutur Djarot.

Sementara itu, Plh. Dirjen Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi menuturkan, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut hingga kini kuotanya juga masih tersedia. 

Dia menyebutkan, sejak dibuka 23 Maret 2023 hingga 24 Maret 2023 jumlah pendaftar untuk keberangkatan 15 April 2023 tercatat 160 motor dan 352 orang. 

“Sementara untuk keberangkatan 17 April 2023, total pendaftar sebanyak 776 motor dan 1.762 orang,” tuturnya.

Baca Juga: Mending Mudik Lebih Awal, Menhub Sebut Ada 123 Juta yang Pulang Kampung

Lebih lanjut Antoni mengatakan, jumlah masyarakat yang mendaftar untuk arus balik lebaran pada tanggal keberangkatan 25 April mencapai 253 motor dan 617 orang. 

“Sementara untuk keberangkatan 28 April 2023, jumlah pendaftar sebanyak 710 motor dan 1.573 orang,” ungkapnya.

Secara total, kata Antoni, program mudik gratis sepeda motor naik kapal laut menyediakan total kapasitas arus mudik dan balik hingga 5 ribu penumpang dan 2.500 sepeda motor. 

“Sejumlah fasilitas yang akan didapat para peserta mudik gratis dengan kapal di antaranya yaitu dua kali makan dan dua kali camilan selama perjalanan yang diperkirakan memakan waktu sekitar 17 jam,” pungkasnya. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X