Berjualan Sejak 1985, Pedagang Buah dan Hewan Barito Pindah ke Mana?

- Kamis, 23 Juni 2022 | 09:56 WIB
Deretan kios di Pasar Barito yang kini tutup (Jafriyal/IDZ Creators)
Deretan kios di Pasar Barito yang kini tutup (Jafriyal/IDZ Creators)

Sering belanja buah atau hunting burung di Pasar Barito, Jakarta Selatan bareng ortu atau teman? Sepertinya kamu harus cari tempat lain deh, karena deretan kios di Pasar Barito, ditutup. Lalu bagaimana nasib pedagangnya?

-
Pasar Burung Barito ditutup sementara (Jafriyal/IDZ Creators)

Jadi, Suku Dinas (Sudin) Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (PPKUKM), Jakarta Selatan memang merelokasi 85 pedagang Pasar Barito. Relokasi ini bertujuan untuk mempercantik Taman Langsat yang selama ini tertutup bangunan kios. Para pedagang mulai direlokasi sejak Mei lalu.

-
Kios pedagang buah dan burung Pasar Barito dibongkar (Jafriyal/IDZ Creators)

Sudin PPUKM Jakarta Selatan menargetkan revitalisasi ini selesai Agustus mendatang. Setelah pedagang hewan dan buah selesai direlokasi, pedagang buah, parsel dan kuliner akan dipindah berikutnya. Namun hingga saat ini belum ada penetapan tanggalnya.

-
Pedagang Pasar Barito sudah ada sejak 1985 (Jafriyal/IDZ Creators)

Sudin PPUKM Jakarta Selatan mengklaim bahwa pedagang merasa senang dengan rencana revilatisasi yang memakan biaya Rp1,2 miliar ini. Padahal selama proses revitalisasi Sudin PPUKM Jakarta Selatan enggak memberikan lokasi berdagang sementara.

"Pasar Burung Barito di bawah Sudin PPKUKM. Kemarin saat kita diskusi dengan PPKUKM, mungkin setelah Lebaran mulai dikerjakan (pembongkaran). Jadi itu tempat kosong sementara, tidak ada relokasi, jadi berhenti beraktivitas," ujar Kasudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan Hasudungan.

Deretan kios di Jalan Barito I ini sudah berdiri sejak 1985. Mereka awalnya berdagang di kawasan Kyai Maja (Taman Puring) sebelum direlokasi. Rata-rata kios di sini berukuran 3x2 meter.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X