Ganjar Dorong Gen Z Rawat dan Kembangkan Seni Budaya Indonesia

- Jumat, 2 Juni 2023 | 18:23 WIB
Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo. (Dok. Ganjar Pranowo)
Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo. (Dok. Ganjar Pranowo)

Bakal calon presiden (Bacapres) 2024 dari PDIP, Ganjar Pranowo, mendorong Gen Z untuk merawat dan mengembangkan seni budaya bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Ganjar usai menjadi keynote speaker dalam Sarasehan Kebangsaan bertajuk ‘Budaya Jadi Akar dan Jati Diri Bangsa Besar, Percepatan Indonesia Maju dalam Keberagaman Budaya Bangsa’.

Ganjar mengatakan, pada acara tersebut, tokoh masyarakat, budaya, hingga komunitas suku bangsa Kota Bogor itu sepakat bahwa banyak anak-anak bangsa yang masih sangat peduli terhadap kebudayaan bangsa.

Baca Juga: Rumah Aspirasi Relawan Diresmikan, Mardiono Siap Menangkan Ganjar di Pilpres 2024

“Maka tadi kita dorong aksesibilitas anak-anak muda, generasi z, agar mereka punya akses untuk mengembangkan seni dan budaya yang ada,” kata Ganjar di Puri Begawan, Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), Jumat (2/6/2023).

Ganjar mengatakan, saat ini cukup banyak kesenian yang populer di kalangan Gen Z dan milenial. Mereka menghadirkan karya-karya terbaik yang kerap mempadukan budaya Indonesia dan kesenian modern.

-
Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo. (Dok. Ganjar Pranowo)

Menurut Ganjar, hal tersebut adalah langkah awal yang baik bagi Gen Z untuk melestarikan sekaligus mengembangkan seni budaya bangsa. Ganjar mengatakan, Gen Z harus didukung penuh dalam hal itu.

“Dan tentu saja banyak grup-grup indie, di bidang musik, tari, patung, semuanya lah yang ada perlu mendapatkan akses yang bagus. Ternyata banyak yang sepakat untuk itu,” kata Ganjar.

Baca Juga: Bareng Istri, Ganjar Lari Pagi di Stadion Pakansari

Ganjar berharap, keterlibatan anak muda dalam merawat kebudayaan Indonesia ini semakin banyak. Dengan begitu, bangsa Indonesia yang memiliki kepribadian dalam kebudayaan semakin terlihat.

“Maka dalam dunia digital itu rasa-rasanya memang pemerintah mesti lebih adaptif untuk memahami suasana kebatinan anak generasi Z,” kata Ganjar.

Sebagai informasi, Ganjar terus berupaya melestarikan budaya selama memimpin Jawa Tengah (Jateng) sebagai Gubernur. Salah satunya dengan mewajibkan seluruh ASN mengenakan pakaian adat Nusantara setiap Kamis minggu ke-4.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X