Momen Pabowo Hadiri Kelulusan Dua Taruna Indonesia di RMAS Inggris

- Minggu, 18 Desember 2022 | 12:08 WIB
Menhan Prabowo Subianto (tengah) Hadiri Kelulusan Dua Taruna Indonesia Pertama di RMAS Inggris. (Dokumentasi Tim Prabowo Subianto).
Menhan Prabowo Subianto (tengah) Hadiri Kelulusan Dua Taruna Indonesia Pertama di RMAS Inggris. (Dokumentasi Tim Prabowo Subianto).

Prestasi membanggakan diraih dua Taruna Akademi Militer (Akmil) Magelang, Letda Infanteri Rafi Pratama Insan dan Letda Infanteri Muhammad Fadlan Mairubi. Keduanya menjadi orang Indonesia pertama yang lulus dari Akademi Militer Royal Military Academy Sandhurst (RMAS) di Inggris. 

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto turut menghadiri kelulusan dua taruna tersebut. Dia sempat bertanya apa saja yang mereka dapat setelah satu tahun menjalani pendidikan di Sandhurst.

"Apa yang kamu dapat?" tanya Prabowo sebagaimana keterangan tertulis, Minggu (18/12/2022).

"Pengalaman di sini, mereka lebih fokus (mengajarkan) bagaimana beroperasi di perang urban daripada di daerah rural dan juga lebih fokus gabungan-gabungan antara kecabangan," jawab Rafi.

Baca Juga: Soal Pemimpin Berkerut yang Disebut Presiden Jokowi, Kepala BIN: Identik dengan Prabowo!

Anak dari Mayor Santosa dan Sri Agustin ini juga menjawab selama pendidikan di Sandhurst, ia menjalani pendidikan 1 satuan kredit semester (SKS). Selain itu, kata dia, materi yang dipelajari di antaranya juga berfokus tentang perang dunia kedua.

"Pendidikan 1 SKS hanya berfokus pada perang dunia kedua yang dilakukan Musolini," ucap Rafi. 

Baca Juga: Prabowo Temui Menhan Prancis, Bahas Hubungan Strategis untuk Stabilitas di Indo-Pasifik

Pada akhir momen pelantikan Taruna Indonesia tersebut, Prabowo pun berfoto bersama penuh bangga dengan Rafi dan Fadlan di depan Akademi Militer RMAS Inggris.

"Menghadiri pelantikan Taruna Indonesia pertama yang lulus dari Akademi Militer Royal Military Academy Sandhurst (RMAS) di Inggris, salah satu Akademi Militer tertua dan paling bergengsi di dunia," tulis Prabowo Subianto di akun Instagramnya, Sabtu, (17/12/2022). 

Prabowo menjelaskan, Rafi dan Fadlan menjalani pendidikan di RMAS Inggris ketika berpangkat Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar) atau tingkat 4 di Akmil Magelang. Keduanya menjalani pendidikan di RMAS selama setahun. 

Atas prestasi kedua Taruna Akmil tersebut, Prabowo menyampaikan selamat. 

"Selamat kepada Letda Inf. Rafi Pratama Insan & Letda Inf. Muhammad Fadlan Mairubi, terus berkarya untuk Indonesia Raya..!!," tulis Prabowo lagi. 

RMAS merupakan salah satu akademi militer tertua dan paling bergengsi di dunia.

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X