Antisipasi Kepadatan Pemudik di Merak, Pelabuhan Ciwandan dan Indah Kiat Disiapkan

- Kamis, 13 April 2023 | 14:20 WIB
Ilustrasi kepadatan di pelabuhan Merak. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)
Ilustrasi kepadatan di pelabuhan Merak. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Polri saat ini tengah berupaya menyusun rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi adanya kepadatan kendaraan pemudik yang akan melintas ke arah Sumatera melalui pelabuhan Merak-Bakauheni. Antisipasinya yakni mempersiapkan pelabuhan Ciwandan untuk memecah kepadatan pemudik.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho. Selain Pelabuhan Merak, Irjen Sandi menyebut Pelabuhan Ciwandan akan digunakan untuk mengangkut truk dan sepeda motor.

"Untuk Pelabuhan Merak untuk kendaraan umum roda empat dan bus. Untuk Pelabuhan Ciwandan untuk truk dan sepeda motor," kata Irjen Sandi kepada wartawan, Kamis (13/4/2023).

Baca Juga: Tinjau Pelabuhan Merak, Presiden Jokowi Pastikan Kesiapan Arus Mudik 2023

Jika pada akhirnya kepadatan pemudik tidak dapat terhindar, Sandi menyebut pihaknya masih mempunyai strategi cadangan lain. Strateginya yakni mengaktifkan Pelabuhan Pantai Kiat Indah untuk menampung kelebihan pemudik.

"Bila penumpukan arus yang ke arah Bakauheni itu juga masih padat maka akan ada pelabuhan lainnya yang akan disiapkan untuk dicadangkan yaitu di Pantai Indah Kiat yang di Banten," beber Sandi.

Baca Juga: Mending Mudik Lebih Awal, Tol Cipali dan Merak Diprediksi Jadi Titik Macet Tertinggi!

Lebih jauh Sandi menyebut Pelabuhan Indah Kiat sudah layak dioperasikan bahkan, Pelabuhan tersebut sudah disurvei langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Di Indah Kiat susah disiapkan dan sudah disurvei oleh Bapak Kapolri," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X