Kaleidoskop 2022: 5 Tokoh Dunia yang Wafat Tahun Ini

- Sabtu, 31 Desember 2022 | 08:57 WIB
Jenazah Ratu Elizabeth II dimakamkan (REUTERS/Corporal Rob Kane)
Jenazah Ratu Elizabeth II dimakamkan (REUTERS/Corporal Rob Kane)

5 tokoh dunia yang wafat di 2022, akan dibahas Indozone. 2022 hanya menyisakan beberapa jam lagi sebelum berganti jadi 2023. Banyak hal telah terjadi selama 2022, seperti berpulangnya beberapa tokoh dunia berpengaruh.

Kepergian tokoh tersebut cukup mengejutkan, baik untuk masyarakat dunia maupun negaranya masing-masing. Sebanyak lima di antara lima tokoh yang wafat itu, akan dibahas Indozone. Berikut lima tokoh dunia yang wafat di 2022:

5. Mantan Presiden Ukraina, Leonid Kravchuk

-
Leonid Kravchuk semasa hidup (REUTERS/Gleb Garanich)

Mantan Presiden Ukraina, Leonid Kravchuk, akan memulai daftar ini. Dia adalah presiden pertama Ukraina yang menjabat pada 1991 hingga 1994.

Kravchuk adalah salah satu sosok yang mendorong kemerdekaan Ukraina dari Uni Soviet pada 1991. Perlu diketahui, dia memimpin Partai Komunis pada tahun-tahun keruntuhan Uni Soviet.

Kondisi kesehatan Kravchuk memburuk sejak menjalani operasi jantung pada tahun lalu. Dia pun meninggal dunia pada Selasa 10 Mei 2022 saat berumur 88 tahun.

4. Mantan Presiden China, Jiang Zemin

-
Jiang Zemin semasa hidup (REUTERS/Jason Lee)

Mantan Presiden China Jiang Zemin ada di posisi selanjutnya. Dia memimpin China selama sedekade pada 1993 hingga 2003. Sekadar informasi, Dia juga menjadi pemimpin Partai Komunis yang berkuasa selama 13 tahun.

Kegagalan sejumlah organ dan leukimia menjadi penyebab meninggalnya Jiang Zemin pada 30 November 2022. Dia meninggal dunia saat berumur 96 tahun.

3. Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe

-
Shinzo Abe semasa hidup (REUTERS/Toru Hanai)

Selanjutnya, ada mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Dia adalah perdana menteri Jepang terlama yang menjabat sejak 2006 hingga 2020.

Berbeda dari dua nama lainnya, Shinzo Abe meninggal dunia dengan tidak wajar. Dia tewas ditembak oleh Tetsuya Yamagami dalam pidato kampanye jelang Majelis Pemilihan Tinggi di kota barat Nara, pada 8 Juli 2022. Dia meninggal dunia saat berumur 68 tahun.

Tetsuya Yamagami tidak dendam kepada Shinzo Abe, tetapi kepada kakeknya, yaitu Nobusuke Kishi yang juga mantan Perdana Menteri Jepang. Jadi, Nobusuke Kishi membawa Gereja Unifikasi ke Jepang yang dianggap Tetsuya Yamagami telah mencuci otak ibunya hingga memberi sumbangan besar, lalu bangkrut.

2. Mantan Presiden Uni Soviet, Mikhail Gorbachev

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X