Sapi Kurban Berukuran Jumbo di Boyolali Dijual Seharga Rp85 Juta

- Minggu, 11 Juni 2023 | 16:16 WIB
Sapi Bagong dijual Rp85 juta. (Z Creators/Eksani)
Sapi Bagong dijual Rp85 juta. (Z Creators/Eksani)

Jelang perayaan Hari Raya Kurban 1444 H, peternak sapi di Boyolali berlomba-lomba menjual sapi peliharaannya kepada para pembeli. Salah satu peternak sapi yang menjual sapi berukuran jumbo yaitu Supangat (65) warga Dukuh Semaran, Desa Jurug, Kecamatan Mojosongo, Boyolali.

Supangat sudah 18 tahun yang lalu atau sejak tahun 2005 sudah menekuni usaha peternakan penggemukan sapi di rumahnya yang beralamat di Dukuh Semaran RT 5, RW 5, Desa Jurug, Kecamatan Mojosongo, Boyolali.

Dibantu oleh sang anak beserta menantunya, ia memelihara penggemukan sapi jenis simental, bahkan saat ini ada sekitar 15 ekor sapi jenis simental berbagai ukuran yang ia pelihara mulai dari peranakan berusia 1 tahun, hingga sapi dewasa berusia 3 tahun yang sudah layak jual.

Baca Juga: Pedagang Sapi di Lamongan Kebanjiran Pesanan Jelang Hari Raya Idul Adha

Salah satunya sapi kurban yang bernama bagong berusia 3 tahun dan berukuran jumbo yang berbobot sekitar 850 kg. Sapi kurban bagong ini merupakan jenis sapi simental yang sudah dipelihara sejak 5 bulan yang lalu dan saat momen perayaan hari raya kurban ini sapi kurban bagong akan dijual dengan harga Rp85 juta.

Sehari sebelumnya Supangat juga sudah menjual sapi jenis simental dengan berbobot 950 kg atau hampir 1 ton dan sudah dikirim ke Jakarta. Para pembeli datang dari berbagai daerah di pulau Jawa terutama Jakarta, Yogyakarta, Sukabumi, hingga Surabaya. Namun biasanya ada yang melalui telepon dan WhatsApp.

Z Creators Eksani sempat berkunjung ke kandang sapi milik Supangat pada Sabtu (10/6/2023), di dalam kandang ada sekitar 15 ekor sapi jenis simental yang dipelihara mulai dari yang kecil peranakan hingga yang jumbo yang sudah layak dijual. Bahkan ada juga jenis sapi simental yang diburu para pembeli dengan warna seperti sapi simental pada iklan salah satu rokok kekinian.

"Sapi yang saya pelihara semuanya jenis simental, dalam sehari diberi makan dua kali pagi dan sore hari. Untuk bahan baku makannya berasal dari konsentrat dan katul, kalau sapi kurban bagong ini bobotnya mencapai 8 kwintal lebih, dan akan dilepas untuk kurban dengan harga Rp85 juta," kata Supangat.

-
Supangat memberi makan Sapi Bagong. (Z Creators/Eksani)

Supangat berharap sapi-sapi jumbo miliknya bisa dibeli para pejabat seperti Gubernur Ganjar Pranowo atau Presiden Joko Widodo, bahkan jika ada artis yang mau beli dipersilahkan.

Supangat bercerita bahwa awal bulan ini penyanyi dangdut Inul Daratista membeli sapi miliknya. Namun sapi itu dibeli utusan Inul Daratista.

Baca Juga: Hari Raya Idul Adha Sebentar Lagi, Yuk Simak Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik

Bagi para pembeli yang sedang berburu hewan kurban jenis sapi terutama sapi jumbo, tidak ada salahnya untuk datang ke Boyolali dan langsung ke rumah Supangat atau warga lainnya di Dukuh Semaran, Desa Jurug, Kecamatan Mojosongo, Boyolali.

Artikel Menarik Lainnya:

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone.Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let's join Z Creators dengan klik di sini.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X