Kampanyekan Anti Hoaks, Ini Pesan Ganjar Pranowo pada Gen Z

- Jumat, 3 Maret 2023 | 22:03 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Dok. Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Dok. Pemprov Jateng)

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, mengingatkan kepada siswa sekolah terkait bahaya berita bohong atau hoaks, terlebih di era serba digital serba sekarang. 

Menurut Ganjar, para siswa harus lebih pintar dalam menyaring informasi, sehingga tidak mendapatkan informasi yang kebenarannya tak diketahui

"Di dunia yang penuh dengan teknologi, apalagi di era digital mesti hati-hati. Karena banyak di antara mereka rata-rata punya medsos, punya WA grup, hati-hati dengan hoaks, jangan disebar, biasakan klarifikasi, biasakan tabayyun, biasakan bertanya," kata Ganjar, dalam keterangan yang didapat INDOZONE,  Jumat (3/3/2023).

Baca Juga: Respons Arahan Presiden Jokowi, Ganjar Janji Antisipasi Bencana Daerah Ditingkatkan

Ganjar mengatakan, dewasa ini hampir semua siswa memiliki gadget dan media sosial, seperti Instagram, Facebook dan Twitter di mana terdapat banyak informasi yang dibaca siswa setiap harinya dengan mudah.

-
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Dok. Pemprov Jateng)

Oleh sebab itu, Ganjar meminta siswa untuk lebih berhati-hati dalam menerima informasi, khususnya informasi yang didapat dari media sosial.

Selain itu, Ganjar juga memaparkan pentingnya sikap anti bullying yang harus ditumbuhkan antar para siswa. Ganjar pun mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan dan sikap toleran kepada mereka.

Baca Juga: Kabar Baik! Ganjar Tambah 15 Sekolah Boarding Gratis Bagi Warga di Jateng

"Jangan ada bully antar teman, ini yang mesti dijaga. Sedih saja rasanya kalau lihat berita di Sragen tadi, guru menghamili muridnya. Yang begini kan tidak boleh terjadi," ucap Ganjar.

"Diedukasi dengan cara yang benar, mereka jadi anak-anak yang toleran, mereka punya nilai kemanusiaan yang tinggi seperti yang tadi disampaikan," tambah Ganjar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X