The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

ODP dan PDP Meninggal Sebelum Terkonfirmasi Positif Tak Masuk Data Kematian Covid-19
Ilustrasi Pemakaman. (FOTO: INDOZONE/Arya)
News

ODP dan PDP Meninggal Sebelum Terkonfirmasi Positif Tak Masuk Data Kematian Covid-19

Jika tidak terkonfirmasi maka tidak masuk data kematian covid-19.

Kamis, 23 April 2020 19:36 WIB 23 April 2020, 19:36 WIB

INDOZONE.ID - Juru bicara penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan bahwa hanya pasien yang telah menjalani tes, dan terkonfirmasi positif virus Corona yang akan masuk ke dalam data kasus kematian jika meninggal dunia.

Sedangkan, orang dalam pengawasan (ODP) atau pasien dalam pemantauan (PDP) yang meninggal, namun jika belum terkonfirmasi positif Corona maka tidak termasuk data kasus kematian Covid-19.

“Kami memaklumi beberapa kasus kematian ODP ataupun PDP apabila kasus kematian ini telah terkonfirmasi positif dengan tes antigen PCR yang sampelnya diambil sebelum meninggal, maka kematian akan dicatat sebagai kematian positif COVID-19,” ucap Yuri dalam video conference di BNPB Jakarta, Kamis (23/4/2020).

“Namun bila tidak terkonfirmasi atau negatif hasilnya, atau tidak sempat diambil spesimen, maka kita tidak akan mencatat meninggal karena COVID19,” tambahnya.

Virus Corona,Covid-19,Pemakaman
Petugas pemakaman menurunkan peti jenazah pasien Covid-19. (INDOZONE/Arya Manggala)

Meskipun pasien ODP dan PDP belum terkonfirmasi positif Virus Corona, namun jikalau meninggal dunia, Yuri menyebutkan bahwa proses pemakaman sama dengan pasien positif Covid-19.

Menurut Yuri, hal tersebut dilakukan untuk melindungi para petugas yang melakukan pemakaman, dan juga keluarga yang menghadiri prosesi tersebut dari wabah penyebaran virus Corona.

“Maka tatalaksana pemulasaran atau pemakaman sudah mengantisipasi kemungkinan positif untuk melindungi petugas, keluarga, dan petugas pemakaman. Ini perlu dipahami agar transparansi data bisa terwujud,” tutup Yuri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Sarah Hutagaol

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US