The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mahasiswa Unhas Bikin Material Antipeluru dari Bahan Tutup Spion, Lulus Uji Kostrad
Anggota TNI Divisi III Kostrad di Kabupaten Gowa, Sulsel, melakukan uji coba material antipeluru yang inovasinya dihasilkan mahasiswa Unhas. (FOTO ANTARA/HO-Unhas)
News

Mahasiswa Unhas Bikin Material Antipeluru dari Bahan Tutup Spion, Lulus Uji Kostrad

Lebih ringan.

Senin, 29 November 2021 19:19 WIB 29 November 2021, 19:19 WIB

INDOZONE.ID - Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar membuat inovasi material antipeluru dari carbon fiber. Bahan yang juga digunakan untuk penutup spion itu lebih ringan namun memiliki kekuatan yang sama dengan material antipeluru yang beredar di pasaran.

"Carbon fiber adalah salah satu bahan yang digunakan. Bahan ini mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misal dalam pembuatan custom bagian mobil seperti fender mobil, kap mesin dan cover spion," kata Rudi, Mahasiswa Program Magister Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Senin (29/11/2021).

Dia menjelaskan, inovasi ini telah lulus uji dari Divisi III Kostrad di Kabupaten Gowa dengan uji tembakan sebanyak tiga kali. Dalam pengujian, material tersebut mampu menahan peluru berkaliber 9 mm dengan jarak tembak 10 meter.

Rudi mengatakan, temuan tersebut lahir dari kondisi rompi antipeluru yang beredar di pasaran memiliki material berat dan mahal. Selain itu, material yang digunakan juga sulit ditemukan di dalam negeri.

"Setelah dilakukan literasi referensi terhadap material tersebut, diperoleh bahwa material ini dapat digunakan dalam pembuatan rompi antipeluru," kata Rudi.

Dekan Fakultas Teknik Unhas, Prof  Muhammad Arsyad Thaha mengatakan, pihaknya akan membuat Memorandum of Agreement bersama Kostrad dan pihak industri untuk produksi kepentingan dunia militer.

"Inovasi ini akan terus dikembangkan untuk mengefisienkan penggunaan materialnya hingga penerapan pada kendaraan militer dan rompi anti peluru," katanya.

Artikel Menarik Lainnya :

TAG
Gema Trisna Yudha
JOIN US
JOIN US