Ini Tampang Mourume Keya Busup, Dalang dan Otak di Balik Bentrokan di Yahukimo Papua

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 17:26 WIB
Tampang Mourume Keya Busup yang menjadi dalang dan otak di balik bentrokan di Mourume Keya Busup diduga dalang dan otak di balik penyerangan suku Yali di Yahukimo, Papu (Istimewa)
Tampang Mourume Keya Busup yang menjadi dalang dan otak di balik bentrokan di Mourume Keya Busup diduga dalang dan otak di balik penyerangan suku Yali di Yahukimo, Papu (Istimewa)

Mourume Keya Busup diduga dalang dan otak di balik penyerangan suku Yali di Yahukimo, Papua pada 3 Oktober 2021 lalu.

Pada Sabtu (9/10/2021) sekira pukul 03.40 WITA, dia ditangkap tim gabungan Polres Yahukimo dan Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi di jalan Gunung Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Kepolisian merilis foto yang memperlihatkan kondisi Mourume Busup saat ditangkap.

Dalam foto yang beredar, terlihat wajah murung Mourume dengan kondisi pelipis mata sebelah kanan mengalami pembengkakan.

Tampak juga ada beberapa lembar selotip medis menutup luka-luka yang berada di bagian atas matanya.

Sementara itu, di bagian tubuh lainnya terdapat luka-luka serta dipenuhi debu tanah yang lengket.

-
(Istimewa)

Selain Mourome Busup, tim gabungan juga menangkap satu orang lain bernama Beto Ordias. Kedua tersangka telah diamankan dan dibawa ke Polres Yahukimo untuk dilakukan penyidikan dan pemeriksaan intensif.

Polisi juga turut mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu buah busur, sembilan anak panah, satu buah kampak, satu unit ponsel, perangkat elektronik dan identitas diri lain milik tersangka.

-
Barang bukti (Istimewa)

Diketahui, Mourume Keya Busup merupakan Kepala suku Umum Kimyal yang melakukan penyerangan terhadap suku Yali yang menyebabkan 41 orang luka-luka dan enam orang meninggal dunia.

Sesaat setelah terjadinya peristiwa itu, polisi langsung menangkap 52 orang terduga pelaku penyerangan.

Peristiwa penyerangan itu terjadi diduga dipicu kabar simpang siur alasan meninggalnya mantan Bupati Yahukimo Abock Busup saat tugas ke Jakarta pada Minggu (3/10).

Abock ditemukan tak sadar diri di kamar Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat.

Dalam pemeriksaan polisi, tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan maupun obat-obatan di sekitar jenazahnya.

Kemudian Abock dibawa ke RS Meilia Cibubur sekitar pukul 11.00 WIB. Sayang, nyawanya tidak terselamatkan hingga dinyatakan meninggal dunia.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X