The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Densus 88 Tangkap 5 Teroris ISIS yang Tugasnya Fokus di Medsos
Ilustrasi teroris (ANTARA/Ho)
News

Densus 88 Tangkap 5 Teroris ISIS yang Tugasnya Fokus di Medsos

Apa saja perannya?

Kamis, 24 Maret 2022 16:22 WIB 24 Maret 2022, 16:22 WIB

INDOZONE.ID - Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus 88 AT) Polri kembali melakukan penangkapan kali ini sebanyak lima teroris jaringan ISIS. Berbeda dari biasanya, teroris kali ini berperan fokus di media sosial.

"Berdasarkan hasil kegiatan penegakan hukum tindak pidana terorisme terhadap pelaku tindak pidana terorisme, telah dilakukan penangkapan terhadap lima tersangka," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (24/3/2022).

Penangkapan itu sendiri berlangsung selama satu pekan sejak 8 Maret hingga 15 Maret 2022. Mereka ditangkap di wilayah yang berbeda-beda.

Berbeda dengan teroris-teroris sebelumnya yang sudah ditangkap, kelima teroris ini memiliki peran fokus ke media sosial. Para teroris ini juga terhubung dengan tim propaganda ISIS.

Baca Juga: Lagi, 3 Teroris Diciduk Densus 88, Kali Ini Jaringan ISIS

"Lima pelaku terorisme itu bukan merupakan jaringan kelompok JI maupun JAD melainkan masuk dalam kelompok media sosial, jadi kelompok teroris media sosial. Keterlibatan tersangka sebagai editor video chanel media sosial Anajiah Media Center dan pemilik akun IG Infoakhirzaman yang memposting poster maupun video daulah," kata Ramadhan.

"Para tersangka juga merupakan editor video tentang wasiat Ali Kalora yang berjudul The Land of Poso. Tim medsos ini terhubung dengan bagian propaganda ISIS di Timur Tengah, aktif menerima bahan-bahan kemudian menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta disebarkan melalui media sosial di Indonesia," sambungnya.

Berikut rincian kelima teroris jaringan ISIS yang baru ditangkap:

1. MI (47).

MI ditangkap pada 8 Maret 2022 dan merupakan mantan narapidana teroris (napiter). MI berpersn membuat dan menyebar poster digital berisi propaganda.

2. RD (29).

RD ditangkap pada 9 Maret 2022 dan berperan membuat grup Annajiyah Media Center. Dia juga berperan sama seperti MI.

3. DK (23).

DK ditangkap pada 9 Maret 2022 dengan keterlibatan masih sama seperti MI.

4. MM (20).

MM ditangkap pada 15 Maret 2022 dengan peran sebagai editor video serts penerjemah di grup mereka. MM juga membuat serts menyebarkan poster propaganda.

Tak hanya itu, MM juga pemilik senjata dengan jenis AK47 dan Makarov.

5. AP (35).

AP ditangkap pada 15 Maret 2022 dengan keterlibatan sama seperti MM.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US