Dinkes DKI Pastikan Kabar 4 Warga Jakarta Terpapar Omicron adalah Hoaks

- Rabu, 8 Desember 2021 | 19:51 WIB
Ilustrasi varian omicron, varian terbaru Covid-19. (REUTERS/Dado Ruvic).
Ilustrasi varian omicron, varian terbaru Covid-19. (REUTERS/Dado Ruvic).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta, Widyastuti memastikan informasi mengenai penyebaran varian baru virus Corona B.1.1.529 (Omicron) di ibu kota adalah tidak benar atau hoaks. 

Berdasarkan hasil klarifikasi terakhir ke Litbangkes Kementerian Kesehatan RI pada Rabu, 8 Desember 2021 pukul 14.30 WIB, sampai saat ini belum ditemukan varian baru Omicron di DKI Jakarta.  

Lebih lanjut, Widyastuti menyampaikan pihaknya secara aktif melakukan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) setiap harinya untuk mendeteksi varian virus corona. 

“Setidaknya sudah 2.500 spesimen diperiksa dan 40 persen di antaranya adalah variant of concern dan sejauh ini tidak ditemukan varian Omicron. Pemeriksaan WGS sendiri dilakukan di Litbangkes Kemenkes RI dengan beberapa lab WGS jejaring Litbangkes di DKI Jakarta,” ucap Widyastuti di Kantor Dinkes DKI, Jakarta Pusat, Rabu (8/12/2021). 

Dinkes DKI Jakarta pun mendapatkan hasil pemeriksaan WGS melalui Litbangkes Kemenkes RI secara periodik. Namun, dapat dipastikan belum ditemukan Omicron. 

Untuk diketahui, pada minggu lalu ditemukan klaster kasus positif dari perjalanan luar negeri, yang kemudian sudah dilakukan pemeriksaan WGS dan tes, lacak, isolasi yang akurat, namun hasil WGS menyatakan bukan Omicron.  

Dinkes Provinsi DKI Jakarta mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat untuk melakukan perpanjangan karantina pelaku perjalanan luar negeri selama 10 hari dan 14 hari untuk mencegah penyebaran varian baru Omicron. 

“Penguatan surveilans WGS dan 3T terus ditingkatkan, selain upaya 6M dan vaksinasi yang optimal,” pungkas Widyastuti. 

Seperti diketahui sebelumnya, informasi soal 4 warga Jakarta terpapar varian Omicron berawal dari pernyataan tertulis Kadinkes Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti yang diunggah pada situs resmi pemerintah kabupaten Bekasi, yakni www.bekasikab.go.id.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X