Kapolda Sumsel Selesai Diperiksa Soal Kasus Donasi 2 Triliun Akidi Tio, Terancam Dicopot?

- Sabtu, 21 Agustus 2021 | 17:11 WIB
Donasi Rp 2 triliun Akidi Tio (Dok. Polda Sumsel)
Donasi Rp 2 triliun Akidi Tio (Dok. Polda Sumsel)

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan Tim Internal Polri dari Itwasum dan Propam Polri sudah selesai memeriksa Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Eko Indra Heri terkait donasi Rp2 triliun dari Akidi Tio.

"Jadi Tim Itwasum sudah kembali dari Sumsel dalam meminta keterangan Kapolda Sumsel, begitu juga Tim Propam juga sudah kembali," kata Argo, Jumat (20/8/2021).

Kapolda Sumsel diperiksa sejak tanggal 4 Agustus silam terkait donasi Rp2 triliun yang bikin gaduh. Namun, Argo tidak merinci hasil pemeriksaan dan akan menyerahkan laporannya langsung kepada Kapolri

"Tentunya, nanti setelah dari Itwasum menyusun laporan, nanti akan diberikan ke Bapak Kapolri. Dari Paminal nanti dikirim. Tadi ketemu Kadiv Propam, mereka sedang membuat laporannya, biar nanti hasil dari pemeriksaan diajukan ke Kapolri dulu," ujar Argo.

Terkait kemungkinan Kapolda Sumsel dicopot atau dirotasi, Argo mengatakan ada SOP dan aturan tersendiri sebelum memutuskan hal tersebut.

"Tentunya, ini semua kami harus mengetahui nanti bagaimana hasil daripada kegiatan Itwasum dan Propam ini setelah laporan diajukan kepada Bapak Kapolri. Ini masih dalam proses pembuatan (laporan)," kata Argo.

Sebelumnya, Kapolda Sumsel Eko Indra Heri memohon maaf kepada masyarakat gara-gara donasi Rp2 triliun almarhum Akidi Tio yang hingga saat ini tidak jelas keberadaannya.

Dia tidak terlalu mendalami apakah uang tersebut memang ada atau tidak, sebab sudah diyakinkan uang tersebut tinggal diproses pencairannya saja.

Dalam perkara ini penyidik Polda Sumsel telah meminta keterangan sejumlah saksi, yakni Heryanti Tio, Rudi Sutadi, Kelvin (satu keluarga anak alm Akidi Tio), dr Hardi Darmawan (dokter pribadi keluarga) dan satu lain belum diketahui identitasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X