Puan Maharani Ajak Masyarakat Terbiasa Hidup dengan Prokes Ketat

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 13:21 WIB
Puan Maharani. (ANTARA-HO)
Puan Maharani. (ANTARA-HO)

Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak masyarakat Indonesia untuk terbiasa hidup dengan protokol kesehatan yang ketat terkait dengan analisis para ahli bahwa kekebalan komunal (herd immunity) dari COVID-19 akan sulit tercapai akibat mutasi virus tersebut.

"Saya berharap masyarakat akan terus terbiasa hidup bersama protokol kesehatan dalam menghadapi COVID-19 yang diprediksi akan ada di tengah-tengah kita untuk waktu lama," kata Puan, Kamis (26/8), dikutip dari Antara.

Puan Maharani menyebut, hal itu terkait dengan pendapat sejumlah guru besar epidemiologi yang menyebutkan herd immunity tidak akan terjadi sekalipun vaksinasi terus dikejar sesuai dengan target. Hal tersebut lantaran terus terjadinya mutasi-mutasi COVID-19 yang menyebabkan tingkat kemanjuran vaksin atau efikasi tidak optimal.

Padahal menurutnya, terjadinya herd immunity dipengaruhi oleh efikasi vaksin dan jumlah penduduk yang telah divaksin secara lengkap.

Namun bukan berarti vaksin Covid-19 tidak efektif. Vaksin memang tidak akan membuat tubuh kebal dari COVID-19, tetapi dengan mendapatkan vaksin, tingkat risiko menjadi lebih kecil saat kita terpapar COVID-19.

"Dengan mendapatkan vaksin, harapannya tubuh memiliki antibodi untuk melawan virus ini sehingga makin sedikit orang yang terpapar COVID-19, artinya makin sedikit pula kemungkinan penularan terjadi kepada mereka yang berada dalam kategori rentan," ujarnya.

Dalam hal ini masyarakat juga diminta menyiapkan diri apabila COVID-19 berubah statusnya dari pandemi menjadi endemi. Sekeras apapun upaya pemerintah menangani keberadaan COVID-19 dengan berbagai kebijakan, tidak akan bisa maksimal tanpa dibarengi kesadaran dari masyarakat untuk hidup dengan pola yang dibutuhkan pada era COVID-19.

"Jangan kendorkan prokes. Selalu gunakan masker saat berada di luar rumah. Sering-sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, dan jaga jarak untuk menghindari terjadinya penularan virus," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X