Oknum Guru SMAN 3 Medan Minta Uang Pelicin Rp10 Juta ke Ortu Siswa, Jamin Lulus PPDB

- Rabu, 14 Juli 2021 | 12:27 WIB
Oknum guru SMAN 3 Medan diduga meminta uang pelicin Rp10 juta kepada orang tua calon siswa dengan jaminan meluluskan. (Ist)
Oknum guru SMAN 3 Medan diduga meminta uang pelicin Rp10 juta kepada orang tua calon siswa dengan jaminan meluluskan. (Ist)

Seorang oknum guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes) yang bertugas di SMA Negeri 3 Medan diduga meminta uang pelicin kepada orang tua calon siswa yang ingin memasukkan anaknya ke sekolah tersebut.

Berdasarkan informasi yang diterima Indozone dari grup WhatsApp jurnalis Medan, calon siswa yang ingin mendaftar ke sekolah tersebut berinisial CNF. Ia beralamat di Jalan Ampera VII Nomor 3, Kelurahan Glugur Darat II, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, sekitar 966 meter dari SMA Negeri 3. 

CNF mendaftar melalui jalur zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. Namun oleh pihak SMAN 3 Medan, calon siswa tersebut tidak dapat diterima dengan alasan yang tidak jelas.

Belakangan, oknum guru tersebut menjanjikan dapat meluluskan CNF dengan syarat orang tuanya harus membayar "biaya administrasi" senilai Rp10 juta.

-
Tangkapan layar percakapan di WhatsApp antara ortu calon siswa dengan oknum guru.

Dalam tangkapan layar percakapan antara orangtua CNF dengan oknum guru tersebut, terlihat si oknum guru bahkan meminta angka Rp12 juta.

Untuk memastikan pungutan liar tersebut, orangtua CNF lantas menelepon oknum guru tersebut dan merekam pembicaraan mereka.

"Malam, Pak, ini mamak Icut yang bapak telepon tadi. Gini, Pak, kebetulan bapaknya sudah saya tanya mengenai biaya administrasi yang tadi bapak sebut sekitar 10 juta ya Pak?" tanya ibu CNF dalam rekaman yang beredar.

Saat dikonfirmasi mengenai biaya Rp10 juta itu, si oknum guru terdengar gelagapan dan tidak menjawab pertanyaan dan malah balik bertanya di mana posisi si orang tua calon siswa

"Gak ada ah. Ibu di mana sekarang?"

"Saya masih di rumah ini. Makanya saya tanya, Rp10 juta tadi ya, Pak?' tanya si ortu siswa memastikan.

Alih-alih menjawab, oknum guru itu berkelit-kelit.

"Gini ajalah, Bu. Saya udah mau balik pulak ini. Ke sekolah aja lah, Bu."

"Ke sekolah jumpai siapa ya, Pak?" tanya ortu siswa lagi.

"Sebenarnya tadi sore."

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X