Pemerintah Akan Berikan Vaksin Dosis Ketiga Bagi Nakes, Dimulai Minggu Ini

- Selasa, 13 Juli 2021 | 14:35 WIB
Tenaga kesehatan bakal dapat vaksin dosis ketiga (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.)
Tenaga kesehatan bakal dapat vaksin dosis ketiga (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.)

Pemerintah merencanakan vaksinasi dosis ketiga bagi para tenaga kesehatan (nakes) akan dimulai pada pekan ini. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI.

"Kita sudah mengeluarkan policy bahwa rencananya mulai minggu ini kita akan memberikan suntikan  ketiga booster tapi ini hanya untuk para tenaga kesehatan," kata Budi, Selasa (13/7/2021).

Menurut Budi saat ini vaksinasi adalah hal yang sangat sensitif. Karenanya dia menekankan dosisi ketiga ini hanya diberikan kepada para nakes dan bukan untuk umum, mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum mendapatkan vaksin.

Baca Juga: Vaksin Moderna Datang dari AS, Menkes: Untuk Rakyat dan Booster Tenaga Medis

Di sisi lain, Budi turut membeberkan alasan mengapa pemerintah memberikan vaksinasi dosisi ketiga bagi para nakes. Hal ini sebagai upaya pemerintah melindungi para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan.

"Supaya mereka bisa kita proteksi agar mereka bisa lebih tahan menghadapi gelombang orang yang masuk ini karena memang kita kurang disiplin disisi hulunya," bebernya.

Adapun nantinya vaksin, Budi memaparkan nantinya yang akan digunakan oleh para nakes adalah vaksin Moderna.  

"Kita sudah hitung walaupun dengan suntikan ketiga yang akan kita berikan vaksinya moderna untuk para nakes berupa booster," tukasnya.

Diketahui sebelumnya Indonesia menerima 3.000.060 dosis vaksin COVID-19 Moderna dari Amerika Serikat, yang telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, pada Minggu (11/7/2021).

“Ini merupakan pengiriman tahap pertama vaksin Moderna dari pemerintah AS,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam konferensi pers daring tentang kedatangan vaksin tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X