The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pimpinan MUI: Jenazah Covid-19 di DKI Sebaiknya Dimakamkan Massal di Satu Liang
Ketua MUI Bidang Ekonomi Syariah dan Halal KH Sholahuddin Al Aiyub. (photo/halalmui)
News

Pimpinan MUI: Jenazah Covid-19 di DKI Sebaiknya Dimakamkan Massal di Satu Liang

Sabtu, 26 Juni 2021 17:53 WIB 26 Juni 2021, 17:53 WIB

INDOZONE.ID - Pandemi Covid-19 sudah 1,5 tahun melanda Indonesia. Dari rentang waktu itu, sebanyak 20 ribu jenazah dimakamkan sesuai prosedur yang berlaku.

Banyaknya jenazah yang dimakamkan membuat lahan pemakaman di DKI Jakarta semakin sempit. Untuk itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyarankan agar jenazah Covid-19 itu dimakamkan secara massal.

"Melihat kurangnya lahan untuk pemakaman korban COVID-19 di Jakarta, pemberlakuan penguburan massal bisa dikaji. Artinya, mengubur beberapa jenazah dalam satu lubang. Ini sudah diatur di dalam fatwa MUI," kata Ketua MUI Bidang Ekonomi Syariah dan Halal KH Sholahuddin Al Aiyub dilansir situs resmi MUI, Sabtu (26/6/2021).

Sholahuddin mengatakan, Komisi Fatwa MUI telah mengeluarkan Fatwa Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengurusan Jenazah Muslim yang Terinfeksi COVID-19 yang di dalamnya juga membahas mekanisme penguburan jenazah.

Menurutnya, penguburan jenazah dalam satu liang lahat bisa jadi solusi mengenai persoalan pada masa pandemi Covid-19 ini.

"Jenazah korban COVID-19 yang sudah dimasukkan ke dalam peti bisa dimasukkan dalam satu lubang kuburan dengan formasi berjajar berdempetan. Penguburan masal tersebut diharapkan bisa menjadi solusi sementara untuk saat ini," ujar Sholahuddin, yang merupakan Wakil Sekjen MUI Bidang Fatwa periode 2015/2020 itu.

Fatwa Nomor 18 Tahun 2020 menetapkan bahwa penguburan beberapa jenazah dalam satu liang kubur diperbolehkan karena darurat (al-dlarurah al-syar'iyyah) sebagaimana diatur dalam ketentuan Fatwa MUI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Pengurusan Jenazah dalam Keadaan darurat.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US