Minuman Rempah Dipercaya Dapat Tingkatkan Imun Tubuh, Begini Kata Eks Menteri Kesehatan

- Kamis, 8 Juli 2021 | 17:18 WIB
Siti Fadilah Supari (Instagram @indonesiaeats dan YouTube Deddy Corbuzier)
Siti Fadilah Supari (Instagram @indonesiaeats dan YouTube Deddy Corbuzier)

Sejak dulu, masyarakat menggunakan cara alami untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti minum air rebusan rempah-rempah.

Namun, selama masa pandemi, beberapa masyarakat percaya dengan air rebusan rempah-rempah dapat membunuh virus Corona, meski tenaga kesehatan tidak merekomendasikan.

Salah satu dosen di Fakultas Farmasi UNAIR, Prof. Dr. Mangestuti Agil pernah membeberkan tips untuk meningkatkan imunitas yaitu mengonsumsi rempah-rempah.

Menurut Agil, kandungan di dalam rempah-rempah seperti temulawak, kunyit, dan jahe membatu meningkatkan kekebalan tubuh melalui aktivitas antioksidan dan antiinflamasi, agar tidak mudah terkena infeksi virus dan bakteri.

Mantan Menteri Kesehatan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Siti Fadilah Supari juga mengungkapkan bahwa dirinya selalu membawa minuman rebusan rempah-rempah.

"Saya ke mana-mana selalu bawa minuman yang isinya serai, kunyit, jahe," ungkap Siti, yang dilihat Indozone pada akun YouTube Deddy Corbuzier, Kamis (08/07/2021).

Siti menyetujui bahwa rempah-rempah dapat meningkatkan imunitas. Tapi, dia tidak setuju bila minuman tersebut digunakan untuk meghilangkan penyakit.

"Kalau herbal-herbal itu, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, saya setuju. Tapi untuk obat, saya belum setuju," ucap Siti Fadilah.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X