Sosok Pedro Castillo Guru Sekolah Dasar yang Menjadi Presiden Peru

- Kamis, 29 Juli 2021 | 14:05 WIB
Pedro Castillo, presiden baru Peru. (REUTERS/PERU'S PRESIDENCY)
Pedro Castillo, presiden baru Peru. (REUTERS/PERU'S PRESIDENCY)

Pedro Castillo presiden baru Peru yang baru saja dilantik, setelah melalui proses pemilihan yang panjang dan menegangkan. Kemenangannya telah mengguncang elit politik dan bisnis di negara itu.

Pedro Castillo lahir di sebuah desa kecil di salah satu daerah termiskin di Peru, ia membantu orang tuanya yang buta huruf dengan pekerjaan pertanian. Untuk sampai ke sekolah Pedro Castillo harus menghabiskan waktu selama 2 jam.

Selama 25 tahun Pedro Castillo menjadi guru dan pemimpin serikat pekerja. Meski pengalaman politiknya tidak banyak, pada 2021 Pedro Castillo akhirnya terpilih sebagai presiden Peru.

Pedro Castillo banyak didukung oleh warga desa di mana dia dibesarkan.

"Jangan pernah lagi menjadi orang miskin di negara kaya!" adalah pesan reguler dalam rapat umum kampanyenya, saat ia menyuarakan rasa frustrasi rakyat Peru yang sedang berjuang, di kutip dari BBC.

"Saya tahu apa itu menyapu sekolah," tambahnya.

Pedro Castillo jarang terlihat tanpa topi putih tradisional dengan pinggiran lebar dari wilayah Cajamarca, dan pensil tiup besar, simbol partai Marxis Peru Bebas yang juga mewakili latar belakang pendidikannya.

Dia berpendapat negara itu tidak diatur untuk kepentingan sebagian besar, dan telah menyerukan 'perubahan drastis' untuk mengatasi kemiskinan dan ketidaksetaraan, termasuk janji kontroversial untuk merancang konstitusi baru.

Pedro Castillo merupakan anak ketiga dari sembilan bersaudara, lahir di Puña pada 19 Oktober 1969, dan bekerja sebagai guru sekolah dasar dari 1995 hingga 2020.

Pedro Castillo memulai karir politiknya pada tahun 2002, ketika gagal mencalonkan diri sebagai walikota, dan pertama kali menjadi terkenal  di tahun 2017 selama pemogokan guru atas kaji  dan evaluasi kinerja.

Meskipun kurang dikenal di daerah perkotaan, ia menjadi kandidat dalam pemilihan presiden tahun ini, dan secara tak terduga memenangkan putaran pertama, menyisihkan 17 kandidat lainnya.

Dia kemudian mengalahkan Keiko Fujimori , putri mantan Presiden Alberto Fujimori dan favorit di antara para pemimpin bisnis.

Castillo dilantik pada tengah hari waktu setempat (17:00 GMT) pada Rabu (28/7) di ibukota.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X