Terkait Biaya Formula E, Pemprov DKI Bantah Boroskan APBD

- Kamis, 30 September 2021 | 11:31 WIB
Ajang Formula E. (REUTERS/Benoit Tessier)
Ajang Formula E. (REUTERS/Benoit Tessier)

Pemprov DKI Jakarta menyatakan biaya komitmen (commitment fee) untuk penyelenggaraan Formula E nilainya tidak sampai triliunan rupiah seperti yang disinggung oleh Fraksi PDI Perjuangan di DPRD DKI Jakarta. PDIP menyatakan ada potensi pemborosan anggaran hingga Rp4,48 triliun untuk penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E selama lima musim di Jakarta.

Dalam dokumen klarifikasi Formula E yang dikeluarkan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik DKI Jakarta pada laman Pejabat.


Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) DKI Jakarta, disebutkan biaya komitmen yang dibayar hanya Rp560 miliar (untuk tiga tahun), bukan Rp2,3 triliun (untuk lima tahun).

 "Katanya biaya komitmen Rp2,3 triliun, faktanya  adalah Rp560 miliar bukan hanya untuk tahun pertama, tapi untuk semua tahun penyelenggaraan," tulisnya.

Adapun untuk biaya pelaksanaan tahunan kegiatan Formula E, Pemprov menyatakan tidak akan memakan biaya sebesar Rp4,4 triliun, namun biaya pelaksanaan per tahun disebut sekitar Rp150 miliar.

"Dan itu tidak dibayar oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), tapi akan bersumber dari sponsor yang akan dilakukan oleh Jakpro," tulis dokumen tersebut.

Dokumen juga menyebutkan bahwa dalam perjanjian kerjasama yang terbaru, tidak ada keperluan untuk pembayaran bank garansi dalam jangka waktu tiga tahun (sisa kontrak).

"Tidak ada lagi tambahan biaya dari APBD untuk pelaksanaan Formula E baik untuk 2022, 2023, dan 2024," kata dokumen itu.

Pemprov DKI juga membantah kalau Formula E merupakan pemborosan, malah lomba itu memberikan manfaat ekonomi.

"Asian Games 2018, MotoGP Mandalika Maret 2022, dan Formula E Juni 2022 bukan pemborosan APBN/APBD, karena memberikan manfaat ekonomi dan reputasi yang luar biasa bagi Indonesia," kata dokumen itu.

Kesimpulannya, biaya komitmen Rp560 miliar dari APBD DKI Jakarta itu sudah dibayarkan tahun 2019 dan ke depannya tidak ada lagi biaya yang berasal dari APBD, melainkan dari sponsor.

Artikel Menarik lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X