Peluang Buat UMKM nih, Ada Dana Rp1 Triliun dari Pemprov DKI

- Senin, 7 Februari 2022 | 20:40 WIB
Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini menyampaikan partisipasi Bank DKI dalam menyalurkan KUR. (Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini menyampaikan partisipasi Bank DKI dalam menyalurkan KUR. (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), yakni Bank DKI mendorong adanya pemberdayaan UMKM pada 2022. Salah satu caranya adalah dengan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pembiayaan (PKP) Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Bank DKI dengan Kementerian Koperasi dan UKM yang dihadiri langsung oleh Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah, Babay Parid Wazdi, dan Eddy Satriya, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM. 

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini menyampaikan bahwa partisipasi Bank DKI dalam menyalurkan KUR diharapkan dapat mendukung pemberdayaan UMKM di DKI Jakarta. 

"Tahun 2022, Bank DKI menargetkan dapat menyalurkan KUR sebesar Rp1 triliun kepada pelaku UMKM di wilayah operasional Bank DKI baik debitur eksisting, anggota JakPreneur, dan Pedagang Perumda Pasar Jaya," ucap Herry, Senin (7/2/2022). 

Baca juga: Diberi Tugas Baru, Partai NasDem Geser Ahmad Ali dari Ketua Fraksi di DPR

Penyaluran KUR juga dilakukan sebagai salah satu upaya Bank DKI melampaui target Rasio Pembiayaan Inklusi Makroprudensial (RPIM) yang ditetapkan sebesar 20% dari total portofolio penyaluran kredit dan pembiayaan.

"Persyaratan bagi pemohon KUR cukup mudah dimana pemohon KUR menyampaikan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan memiliki kegiatan usaha," terangnya. 

Lebih lanjut, Herru pun menyebutkan bahwa penyaluran KUR oleh Bank DKI diharapkan dapat menjadi salah satu stimulus pertumbuhan perekonomian di tanah air di masa pandemi. 

"Penyaluran KUR ini juga menjadi bentuk sinergi antara BUMD DKI Jakarta bersama dengan BUMN, Pemprov DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat dalam rangka mendukung pemberdayaan UMKM," tandas Herry.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X