Ratusan Mantan Pemimpin Dunia Mendesak G7 untuk Berikan Vaksin Covid Kepada Orang Miskin

- Senin, 7 Juni 2021 | 15:31 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. (REUTERS/Soe Zeya Tun)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (REUTERS/Soe Zeya Tun)

Seratus mantan presiden perdana menteri, dan menteri luar negeri telah mendesak negara-negara kaya Kelompok Tujuh (G7) untuk membayar vaksinasi virus corona global demi membantu menghentikan mutasi virus.

Para pemimpin mengajukan banding menjelang KTT G7 di Inggris yang dimulai pada hari Jumat, ketika Presiden AS Joe Biden akan bertemu dengan para pemimpin Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Kanada, dan Jepang.

Surat mereka kepada G7, para mantan pemimpin dunia mengatakan kerja sama global telah gagal pada tahun 2020, tapi tahun 2021 dapat mengantarkan era baru.

“Dukungan dari G7 dan G20 yang membuat vaksin mudah diakses oleh negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah bukanlah tindakan amal, tetapi lebih merupakan kepentingan strategis setiap negara,” kata surat itu, dikutip dari Reuters.

Beberapa penandatangan tersebut ialah mantan perdana menteri Inggris Gordon Brown dan Tony Blair, mantan Sekretaris Jenderal PBB Ban-Ki Moon dan 15 mantan pemimpin Afrika.

Mereka mengatakan G7 dan para pemimpin lain yang diundang ke KTT harus menjamin untuk membayar sekitar $30 miliar per tahun selama dua tahun untuk memerangi pandemi di seluruh dunia.

Permohonan mereka bertepatan dengan jarak pendapat oleh badan amal Save the Children yang menemukan dukungan publik yang kuat di Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman dan Kanada untuk G7 yang membayar $66 miliar yang dibutuhkan untuk vaksin Covid-19 secara global.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X