Jokowi Resmi Lantik Andika Perkasa sebagai Panglima TNI

- Rabu, 17 November 2021 | 14:09 WIB
Presiden Jokowi lantik Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Rabu (17/11/2021). (Youtube Setpres)
Presiden Jokowi lantik Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Rabu (17/11/2021). (Youtube Setpres)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Andika Perkasa sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/11/2021).

Pengangkatan Andika Perkasa sebagai Panglima TNI tersebut dikukuhkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 106 TNI Tahun 2021 tentang pemberhentian dan pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

"Mengangkat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Keputusan presiden RI ini mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat sebagaimana pada diktum kedua pada keputusan presiden ini," bunyi Kepres itu.

Kemudian, Andika Perkasa pun mengucapkan janji atau sumpah menurut agama Islam yang diucapkan terlebih dahulu oleh Jokowi, dan didampingi oleh rohaniawan.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada negara kesatuan RI yang berdasarkan pancasila, dan UUD Negara RI 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Andika.

"Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh ras atanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," tambahnya.

BACA JUGA: Sosok Ustaz Farid Okbah, Ketua Umum PDRI yang Ditangkap Densus 88 Terkait Teroris

Pelantikan tersebut pun dilanjutkan dengan pengambilan tandatangan berita acara pengangkatan Andika Perkasa sebagai Panglima TNI RI.

Kemudian, Jokowi pun melakukan penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan tongkat komando Panglima TNI.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X