Danau Ini Jadi Merah Muda Setelah Perusahaan Buang Limbah Kimia untuk Awetkan Udang di Air

- Senin, 26 Juli 2021 | 20:56 WIB
Danau Laguna menjadi merah muda. (Photo/Twitter)
Danau Laguna menjadi merah muda. (Photo/Twitter)

Laguna di wilayah Patagonia selatan Argentina telah berubah menjadi merah muda cerah karena polusi yang disebabkan oleh bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan udang untuk diekspor.

Menurut beberapa ahli dan aktivis, warna ini disebabkan oleh natrium sulfit, produk anti-bakteri yang digunakan di pabrik ikan, yang limbahnya disalahkan karena mencemari sungai Chubut yang memberi makan laguna Corfo dan sumber air lainnya di wilayah tersebut.

Beberapa warga yang tinggal di sekitar mengeluhkan bau busuk dan masalah lingkungan lainnya. Danau itu menjadi mencolok, tetapi para ahli dan aktivis menilai bahwa polusi dari bahan kimia sangat menakutkan.

Baca juga: Wanita Korut Dipaksa Panggil 'Teman Lelaki' Sebagai Kekasih dalam Perang Budaya Propaganda

Aktivis lingkungan Pablo Lada menyalahkan pemerintah atas kekacauan tersebut dan menyampaikan pendapatnya.

"Mereka yang seharusnya memegang kendali adalah orang-orang yang mengizinkan peracunan orang," katanya, dilansir dari India Times, Senin (26/7/2021).

Insinyur lingkungan dan ahli virologi Federico Restrepo bahwa pewarnaan itu disebabkan oleh natrium sulfit dalam limbah ikan, yang secara hukum harus diolah sebelum dibuang.

Zat tersebut juga tidak digunakan untuk rekreasi dan menerima limpasan dari taman industri Trelew dan telah mengubah warna fuchsia sebelumnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X