Sebuah Kapal Pesiar Mewah Disita Pemerintah Italia, Diduga Milik Vladimir Putin

- Minggu, 8 Mei 2022 | 02:22 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin (REUTERS)
Presiden Rusia Vladimir Putin (REUTERS)

Pemerintah Italia pada Jumat memerintahkan penyitaan sebuah kapal pesiar mewah senilai sekitar 700 juta dolar AS (Rp10,15 triliun) yang dikaitkan oleh media dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Seperti disadur dari Reuters, Sabtu (7/5/2022), Scheherazade, kapal pesiar mewah enam dek yang kemilau itu, telah menjalani perbaikan di pelabuhan Italia Marina di Carrara sejak September, tapi aktivitas baru-baru ini di dermaga menunjukkan bahwa kru kapal mungkin bersiap untuk melaut.

Kementerian keuangan Italia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penyelidikan menunjukkan pemilik kapal itu memiliki hubungan dengan "elemen penting dari pemerintah Rusia" dan dengan orang-orang yang menjadi sasaran sanksi Uni Eropa.

Baca Juga: PM Israel Klaim Putin Sudah Minta Maaf Usai Sergei Lavrov Sebut Hitler Keturunan Yahudi

Scheherazade memiliki dua landasan helikopter dan dapat menampung hingga 18 tamu dan 40 awak. Pemiliknya tidak pernah diidentifikasi secara publik, tapi ada desas-desus bahwa itu milik Putin atau anggota lingkaran dalamnya.

Sumber yang mengetahui langsung penyelidikan kapal tersebut mengatakan polisi Italia yakin pemiliknya adalah Eduard Khudainatov, mantan kepala perusahaan energi raksasa Rusia Rosneft yang saat ini tidak menjadi sasaran sanksi Uni Eropa.

Kementerian keuangan itu tidak menyebutkan nama pemiliknya, tapi mengatakan telah meminta Uni Eropa untuk menambahkan orang tersebut ke daftar sanksi dan telah memerintahkan agar kapal pesiar itu disita sambil menunggu keputusan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X