Penyebab Macet di Jalur Mudik Tol Japek hingga Cipali Ternyata karena Area Istirahat

- Kamis, 28 April 2022 | 21:33 WIB
Foto udara sejumlah kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat. (ANTARA/M Risyal Hidayat)
Foto udara sejumlah kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat. (ANTARA/M Risyal Hidayat)

Korps Lalu Lintas Polri menyebutkan penyebab kemacetan di jalur mudik Tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) karena adanya pelambatan di sejumlah pintu area istirahat dan penyempitan lajur dari Tol Jakarta-Cikampek memasuki Tol Cipali.

"Spot yang memengaruhi kepadatan adalah rest area 57, rest area 80, sampai 102. Jadi menyebabkan pelambatan di pintu masuk rest area," kata Direktur Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan di Terminal Jatijajar Depok Jawa Barat, seperti dilansir ANTARA, Kamis (28/4/2022).

Aan menyebutkan pelambatan terjadi akibat antrean kendaraan yang ingin memasuki area istirahat sehingga berdampak pada kepadatan kendaraan di belakangnya.

BACA JUGA: Heboh Pemudik Pakai Baju Anies Presiden, Wagub Riza: Bukan dari Pemprov DKI!

Selain itu, adanya penyempitan jalan dari empat lajur di Tol Jakarta-Cikampek menjadi dua lajur di Tol Cipali juga menyebabkan pelambatan kendaraan dan terjadi kepadatan.

Aan berharap para pemudik bersabar karena kepadatan tidak bisa dihindari. Dia menjelaskan pihaknya terus melakukan rekayasa lalu lintas baik itu di jalan arteri maupun di jalan tol untuk memperlancar arus lalu lintas.

"Ikuti petunjuk dan arahan petugas di lapangan. Kita tidak memaksa untuk tidak ke rest area tapi rekan-rekan kita yang di belakang terjadi pelambatan dan macet akibat dari pelambatan di rest area," kata dia.

Pada hari ini kepolisian mulai menerapkan rekayasa lalu lintas "one way" (searah) dan ganjil genap dari arah Jakarta ke arah timur mulai pukul 17.00.

Sebelumnya, kepolisian juga telah menerapkan "contra flow" ke arah timur karena kepadatan kendaraan mulai terjadi sejak Rabu (27/4/2022) malam.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X