Cegah Kepadatan Pemudik di Pelabuhan Merak, Menhub Terapkan Aturan Ini

- Sabtu, 30 April 2022 | 13:46 WIB
Sejumlah kendaraan mengantre untuk naik ke atas kapal di Pelabuhan Merak, Banten. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Sejumlah kendaraan mengantre untuk naik ke atas kapal di Pelabuhan Merak, Banten. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta diterapkannya “first in first out” di Pelabuhan Penyeberangan Merak. Adapun hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kepadatan kendaraan yang akan masuk ke kapal.

Budi menuturkan jika penerapan first in first out artinya, kendaraan yang telah memiliki tiket dengan jadwal keberangkatan lebih awal yang lebih dulu masuk ke kapal.

Karena beberapa waktu lalu kepadatan kendaraan ingin masuk ke kapal terjadi, karena adanya kendaraan yang sudah berada di area parkir pelabuhan padahal jadwal keberangkatan kapalnya masih agak lama.

Baca Juga: Berlakukan Sistem Buka Tutup H-4 Lebaran, Begini Potret Antrean Panjang di Pelabuhan Merak

“Kemarin terjadi perebutan dulu-duluan masuk ke kapal, tidak sesuai jadwal yang ada. Sehingga orang yang harusnya jadwalnya sudah berangkat malah tidak bisa masuk kapal,” ungkap Budi dikutip Sabtu (30/4/2022).

Dalam kesempatan ini Budi turut mengimbau kepada masyarakat untuk datang ke pelabuhan agar menyesuaikan dengan jam keberangkatan kapal. Sejauh ini dia memandang tata kelola ASDP masih baik dalam menangani arus mudik.

“Saya sudah memberikan catatan kepada Dirjen Perhubungan Darat dan Dirut ASDP untuk melakukan perbaikan berkaitan dengan tata kelolanya agar ke depannya dapat berjalan lebih baik,” beber Budi.

Bahkan Budi juga meminta tambahan dermaga di Pelabuhan Merak saat arus mudik ini. Agar tidak ada lagi kepadatan ketika di pintu masuk Pelabuhan Merak.

“Untuk truk-truk bisa diarahkan ke dermaga Pelindo (Indah Kiat). Kapal yang digunakan adalah kapal besar jadi sekali jalan bisa menampung sekitar 200 kendaraan,” tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X