Demi Bikin 'Baper' Wisatawan, Pemerintah Siapkan Rp6 Triliun

- Selasa, 4 Februari 2020 | 14:29 WIB
Foto udara bentuk lintasan lurus sirkuit saat pengerjaan galian tanah badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/10/2019). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
Foto udara bentuk lintasan lurus sirkuit saat pengerjaan galian tanah badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/10/2019). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan sedikitnya Rp6 triliun pada Tahun Anggaran 2020, untuk membenahi jalan utama akses ke Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN). Tujuannya agar wisatawan semakin nyaman pelesiran di Tanah Air.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaya mengatakan, total anggaran tersebut masuk dalam pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. 

"Khusus untuk tahun ini (anggarannya) Rp6 triliun, untuk lima destinasi wisata, yaitu Mandalika, Labuhan Bajo, Danau Toba, Borobudur dan Likupang di Manado. Itu diluar tol," ujar Endra ketika dihubungi Indozone, Selasa (4/2/2020). 

Endra mengatakan, untuk jalan akses wisata Mandalika sepanjang 17 km, sedang proses persiapan pelelangan. Infrastruktur itu ditargetkan selesai tahun ini, agar siap digunakan untuk akses penunjang balapan MotoGP pada 2021. 

"Tahun ini Mandalika dimulai, dari Bill sampai ke kawasan Mandalika-nya. Kemudian di Labuhan Bajo juga akan kita bangun jalan akses sepanjang 17 km, termasuk juga jalan ke pelabuhan yang baru di Labuhan Bajo," tutur Endra.

Endra mengungkap, khusus dukungan wisata Labuhan Bajo, anggarannya menembus Rp979 miliar. Sebanyak 50% dari total dana digunakan membangun jalan raya yang menjadi tanggung jawab Ditjen Bina Marga. 

"Selebihnya untuk penataan kawasan oleh Ditjen Cipta Karya," tuturnya. 

Adapun untuk mendukung pariwisata Borobudur, Kementerian PUPR disebut bakal membangun jalan akses dan jalan lingkar, termasuk juga jalan khusus dari Yogyakarta International Airport (YIA) menuju kawasan Borobudur di Magelang. 

"Jalan akses dari YIA ke Magelang ini sudah mulai dibangun, tahun ini selesai. Kemudian untuk dukungan pariwisata di Likupang, kita juga bangun akses jalannya di sana," ujar Endra.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X