Ini Alasan Orang Merasa Tenang dan Bahagia Ketika Melihat Pantai

- Rabu, 11 September 2019 | 13:35 WIB
photo/Ilustrasi/Pixabay
photo/Ilustrasi/Pixabay

Pantai menjadi salah satu tempat yang dikagumi banyak orang. Jika merasa cemas, galau atau banyak tekanan, biasanya orang-orang akan memutuskan pergi ke pantai. Dengan melihat pantai, akan membuat seseorang merasa tenang dan bahagia.

Psikolog klinis dari The Daily Helping Podcast, Richard Shuster mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang membuat seseorang merasa bahagia ketika berada di pantai, salah satunya karena warna biru air laut. 

Menurutnya, berdasarkan kajian psikologi warna, ternyata warna biru dikaitkan dengan perasaan tenang dan damai. Selain faktor warna, suara deburan ombak juga menjadi faktor yang membuat seseorang bahagia karena dapat menstimulasi otak manusia.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Sally Nazari dari Chrysalis Psychological Services mengungkapkan bahwa suara deburan ombak dan pemandangan pantai dapat mengaktifkan saraf parasimpatis yang berfungsi untuk membuat seseorang merasa rileks.

Selain dua faktor di atas, ada beberapa alasan lain yang membuat seseorang merasa tenang dan bahagia ketika melihat pantai, seperti yang dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Rabu (11/9) berikut ini:

1. Pasir Pantai Bisa Mengurangi Tekanan

-
photo/Ilustrasi/Pixabay

Berjalan di atas pasir pantai tanpa alas kaki adalah hal sederhana yang menyenangkan dan membuat seseorang menjadi bahagia. Apalagi, dengan ditemani sinar matahari yang menyentuh kulit, dan menikmati aroma udara di sekitar pantai dapat membantu mengurangi tekanan.

2. Menenangkan Pikiran

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Para ilmuwan menemukan fakta bahwa suara deburan ombak bisa merangsang area otak yang disebut prefrontal cortex. Area otak ini berfungsi untuk menjaga rasa emosional dan refleksi pada diri seseorang. Selain itu, suara deburan ombak bisa meningkatkan kesadaran diri dan mengontrol emosional.

3. Menimbulkan Perasaan Damai

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Menurut penelitian, ketika seseorang berada di pantai, maka tanpa disadari tubuhnya telah menyerap ion dari gelombang air pantai. Dengan begitu, lambat laun rasa cemas pada diri seseorang dapat terkendali dan menimbulkan perasaan damai seperti melakukan meditasi.

4. Panorama Pantai Membuat Orang Merasa Aman

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Seorang ilmuwan saraf, Michael Merzenich menjelaskan bahwa ketika seseorang melihat atau berada di sepanjang pantai, maka timbul perasaan aman dalam dirinya. Selain itu, seseorang juga akan merasakan bebas dari berbagai hal yang mungkin selama ini membuatnya tertekan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X