Kisah Wanita Berkebutuhan Khusus dan Mimpinya Menjadi Seniman

- Rabu, 11 September 2019 | 11:41 WIB
photo/Nguyen Vu Phuoc
photo/Nguyen Vu Phuoc

Penulis terkenal Amerika, Tom Clancy, pernah mengatakan, "Tidak ada sesuatu yang senyata mimpi. Dunia di sekitarmu bisa saja berubah, tapi mimpimu tidak akan. Karena mimpi itu ada di dalam dirimu dan tidak ada satu orang pun yang bisa mengambilnya".

Kata-kata itulah yang dibuktikan oleh seorang perempuan berusia 27 tahun asal Hue, Vietnam, bernama Huynh Thi Thanh. Dia tinggal bersama sang ibu yang kini menginjak usia 67 tahun. Keduanya tinggal di daerah pegunungan yang cukup terpencil di daerah Hue, Vietnam.

-
photo/Nguyen Vu Phuoc

Sejak kecil, HuynhThi Thanh memiliki kondisi yang tidak seperti anak-anak pada umumnya. Hingga ia beranjak dewasa, Thanh masih sulit menggerakkan anggota tubuhnya, termasuk untuk berbicara.

Di rumahnya, Thanh hanya bisa berbaring meringkuk sembari melakukan aktivitas sehari-hari yang dibantu oleh sang ibu seperti makan, mandi, dan lainnya.

-
photo/Nguyen Vu Phuoc

Di balik kehidupannya dengan kondisi berkebutuhan khusus, Thanh memiliki semangat yang tinggi untuk mewujudkan cita-citanya menjadi seorang seniman. Ya, dia mengaku gemar menggambar.

Meski memiliki keterbatasan fisik, Thanh setiap hari terus berlatih menggambar, meski hanya menggunakan kakinya sambil berbaring meringkuk. Dengan pensil warna dan krayon, kertas-kertas yang semula kosong, ia sulap menjadi gambar-gambar yang indah.

-
photo/Nguyen Vu Phuoc

Sudah banyak hasil karya buatan Thanh. Dari semua objek yang pernah ia gambar, Thanh paling suka menggambar dirinya sendiri dengan alasan tersendiri. 

Dia pun bermimpi suatu saat karya-karyanya itu bisa diminati dan dibeli orang lain. Tentu tujuannya untuk membantu kehidupan dirinya dan sang ibu.

-
photo/Nguyen Vu Phuoc

Sang ibu pernah bertanya pada Thanh tentang alasannya terus menggambar. Tak disangka, jawaban Thanh membuat ibunya sangat terharu. "Aku ingin membantumu membeli beras, memperbaiki rumah, dan banyak lagi," jawab Thanh pada sang ibu.

Banyak orang, termasuk keluarganya sendiri yang salut dengan semangat Thanh. Mereka pun mendoakan kondisi Thanh seraya berharap mimpinya dapat segera tercapai. Begitu pula doa dipanjatkan untuk sang ibu agar dia senantiasa sabar dan kuat menjalani kondisi tersebut.

-
photo/Nguyen Vu Phuoc

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X