Kerangka Berpegangan Tangan Ini Ternyata Sesama Pria

- Sabtu, 14 September 2019 | 12:09 WIB
Dok. University of Bologna
Dok. University of Bologna

Di kota Modena, Italia ada istilah Lovers of Modena, yaitu julukan untuk sepasang kerangka manusia yang ditemukan bergandengan tangan. Kerangka tersebut ditemukan di kuburan kuno kota Modena.

Kerangka tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 2009. Kerangka tersebut ditemukan dalam kondisi yang sangat buruk, karena itu peneliti kesulitan mengungkap jenis kelaminnya.

Baru-baru ini, grup ilmuwan dari University of Bologna mengembangkan teknik baru untuk mengungkap jenis kelamin kerangka ini. Mereka memanfaatkan protein yang ditemukan di bagian gigi untuk mengungkap jenis kelamin dua kerangka berpegangan tangan tersebut.

Hasilnya, kerangka tersebut ternyata adalah sesama pria. Sebenarnya, kerangka yang terkubur dengan bergandengan tangan ini bukan sesuatu yang baru. Namun, kebanyakan sepasang kerangka tersebut adalah wanita dan pria bukan sesama jenis.

"Pada saat ini tidak ada contoh lain tipe seperti ini. Banyak kuburan yang ditemukan adalah pasangan berpegangan tangan, namun semuanya pria dan wanita. Apa relasi antara dua individu di Modena ini masih tetap misteri," ujar Federico Lugli, periset University of Bologna.

Namun, tak ada bukti bahwa keduanya menjalin asmara. Keduanya kemungkinan hanya saudara kandung atau prajurit yang tewas saat perang.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X