NASA Lakukan Simulasi Hidup di Bulan Untuk Pengiriman Manusia di 2024

- Senin, 16 September 2019 | 13:40 WIB
 NASA/JPL-Caltech via REUTERS
NASA/JPL-Caltech via REUTERS

Salah satu objek penelitian antariksa, yaitu Bulan. Bulan menjadi lokasi bagi beberapa negara untuk mengirimkan manusia ke sana, misalnya saja Amerika, China, Rusia, India, Korea Selatan, Jepang dan Korea Utara.

Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA akan mempercepat pengiriman astronot ke Bulan pada tahun 2024, setelah sebelumnya berencana mengirim astronot pada tahun 2028.

-
REUTERS/Mike Blake

 

Kini, tim NASA juga tengah mengevaluasi tentang cara astronot untuk bertahan hidup dan bekerja di Bulan. Evaluasi ini dilakukan di Netral Buoyancy Lab NASA di Johnson Space Center di Houston, Texas, Amerika Serikat.

Dalam evaluasi itu, tim peneliti juga menciptakan simulasi habitat yang mirip dengan Bulan. Astronot juga melakukan simulasi berjalan di Bulan yang memiliki seperenam gravitasi Bumi. Terdapat dua orang astronot yang melakukan simulasi, yaitu Drew Feustel dan Don Pettit.

-
REUTERS/Mike Blake

 

Pengiriman manusia ke Bulan ini baru terjadi pertama kali pada tahun 1969, tepatnya 16 Juli yang dilakukan oleh Apollo 11 yang mengangkut Neil Armstrong, Edwin Aldrin Jr dan Michael Colling. Perjalanan masuk ke Bulan ini dilakukan setelah menghabiskan waktu hingga 76 jam. Para astronot Apollo 11 akhirnya berhasil mendarat di Bulan pada tanggal 19 Juli.

Untuk sampai ke Bulan Armstrong dan Aldrin menaiki Eagle. Pukul 16.18, Eagle ini sampai di Bulan yang diberi nama Sea of Tranquility.

-
REUTERS/Mike Blake

 

Saat Eagel sudah berhasil mendarat, Armstrong memberikan laporan ke Bumi dengan mengatakan "The Eagle has landed (Elang sudah mendarat),".

Setelah beberapa jam mendarat, Armstrong mencoba untuk keluar dari Eagle dengan kamera untuk mengabadikan momen bersejarah menginjakkan kaki di Bulan. Pendaratan yang dilakukan oleh Armstrong ini menjadi pendaratan pertama manusia ke Bulan dalam sejarah.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X